Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Alat Musik Gamelan Jawa Berbasis Android

Ahmad Triaji

Abstract


Di era sekarang sudah sangat jarang masyarakat khususnya pemuda yang ingin menyalurkan hobinya kedalam seni pertunjukan musik khususnya alat musiknya itu sendiri, termasuk alat musik gamelan ini merupakan titipan leluhur kita untuk anak cucu cicit kita, Bukan sekedar warisan leluhur untuk kita saja. Dengan adanya masalah tersebut maka akan dibuatkan sebuah Aplikasi Media pengenalan Augmented Reality dalam membantu pengenalan alat musik seni Gamelan ini. Data yang diperlukan melalui tahapan observasi, interview narasumber dan studi Pustaka. Setelah memperoleh data yang dibutuhkan akan dilakukan pembuatan desain objek 3D Gamelan, Video pertunjukan Gamelan. Hasil akhirnya berupa booklet yang berisikan informasi dan gambar terkait gamelan. Semoga Pembuatan aplikasi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan partisipasi dalam belajar mengenai seni musik gamelan dan Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya bangsa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v5i2.446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.