Penerapan Bussiness Model Canvas Pada Mata Kuliah Praktik Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Promosi dan Periklanan Mahasiswa

Muhamad Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan BMC untuk melihat pola pikir kewirausahaan mahasiswa yang diterapkan di Politeknik Negeri Media Kreatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kedua metode penelitian tersebut dapat digunakan bersama-sama atau digabungkan dalam suatu penelitian yang dilakukan secara bersamaan. Materi BMC diperkenalkan pertama kali kepada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah praktik kewirausahaan. Siswa akan diajarkan materi BMC dan penerapannya. Pada tahap pelaksanaan ini akan diamati terlebih dahulu kondisi pola pikir siswa yang sebenarnya. Setelah itu akan diukur secara kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penerapan BMC terhadap pola pikir kewirausahaan mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 16.0. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap responden untuk mengetahui sebenarnya bentuk pola pikir wirausaha mahasiswa pada saat itu, sedangkan untuk mengukur pengaruh BMC terhadap peningkatan pola pikir wirausaha digunakan instrumen angket dengan skala likert sebagai alat ukurnya.

 


Keywords


BMC, Kewirausahaan, Pola Pikir

Full Text:

PDF

References


Acs, Z. J., Szerb, L., Lafuente, E., & Markus, G. (2020). Global Entrepreneurship Index. The Global Entrepreneurship and Development Institute, 14(January), 64. https://doi.org/DOI: 10.13140/RG.2.2.17692.64641 ii

Suharti, L., & Sirine, H. (2012). FaktorFaktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124134

Rosmiati, Donny Teguh Santoso Junias, Munawar, (2015), Sikap, Motivasi, dan minat berwirausaha mahasiswa

Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13(1), 78–90

Tim PPM Manajemen (2012), Business Model Canvas Penerapan di Indonesia

Zott, C., Amit, R., & Massa, L., 2011, The Business Model: Recent Developments and Future Research, Journal of Management

Gabriel, C.A., Kirkwood, J., (2016), Business model for model business: Lessons from renewable energy entrepreneurs in developing countries, Otago Business School

Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers, Wiley, Hoboken, NJ.

Hong Y Ching. Prof., Clemens Fauvel, CRITICISMS, VARIATIONS AND EXPERIENCES WITH BUSINESS MODEL CANVAS, European Centre for Research Training and Development UK (www.ea-journals.org), European Journal of Agriculture and Forestry Research Vol.1. No.2, pp. 26 -37, December 2013

Adi W Gunawan (2008), The Secret of Mindset, Gramedia Pustaka Utama Bygrave,W.D. (2004), The entrepreneurial process and the role of entrepreneurship in the economy DIY Toolkit: Business Model Canvas, DIY Development Impact & You, Practical tools to trigger & support social innovation

Rohadi. (2011). Membangun Mindset Wirausaha. Dapat diakses di: http://rohadientrepreneurship.blogspot.com/2011/02/membangun-mindsetwirausaha.html

Sugiyono (2006), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46961/jip.v11i2.1104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:



Publipreneur Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif.

JL. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta 12640 Indonesia

Email: [email protected]


Publipreneur Polimedia is licensed under a Creative Commons Atttribution 4.0 International License.

p-ISSN 2338-5049 | e-ISSN 2723-6323

View My Stats