Penguatan Soft Skill dan Kesiapan Kerja ke Jepang bagi Siswa SMK

Authors

  • Ayu Putri Seruni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
  • Rita Agustina Karnawati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
  • Akbar Nadjar Hendra Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
  • Nia Septiany Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/jpk.v5i1.1723

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian ini bertujuan membangun mental dan soft skill peserta agar siap kerja dan berwirausaha, khususnya dalam menghadapi peluang kerja di Jepang. Melalui seminar motivasi, peserta dibekali keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen waktu yang esensial di dunia kerja. Mitra kegiatan ini adalah SMKN Jeunieb, Aceh, yang menghadapi permasalahan rendahnya minat dan kepercayaan diri siswa dalam pelajaran Bahasa Jepang. Hal tersebut berdampak pada kurangnya motivasi untuk bekerja di Jepang. Seminar juga memberikan pemahaman tentang budaya kerja di Jepang serta strategi menghadapi pasar kerja global. Kolaborasi antara institusi pendidikan dan dunia industri diharapkan dapat meningkatkan relevansi keterampilan peserta dan daya saing mereka. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terbukanya peluang kerja di Jepang bagi peserta, serta meningkatnya semangat berwirausaha sebagai alternatif menciptakan lapangan kerja baru. Pengabdian ini menjadi langkah konkret dalam mendukung kesiapan generasi muda menghadapi tantangan global.

 

Kata Kunci: bahasa Jepang, kesiapan kerja, motivasi, soft skill, wirausaha.

Abstract:  This service activity aims to develop participants' mindset and soft skills to prepare them for employment and entrepreneurship, particularly in pursuing job opportunities in Japan. Through a motivational seminar, participants are equipped with essential workplace skills such as communication, leadership, and time management. The partner institution, SMKN Jeunieb in Aceh, faces challenges including students’ low enthusiasm and self-confidence in learning the Japanese language, which impacts their motivation to prepare for careers in Japan. The seminar also provides insights into Japanese work culture and strategies to navigate the global job market. Collaboration between educational institutions and industry is expected to enhance the relevance of participants' competencies and improve their competitiveness. The expected outcomes of this program include increased job opportunities in Japan and a stronger entrepreneurial spirit among participants, enabling them to create new job opportunities. This initiative represents a concrete step in supporting youth readiness to face global challenges.

Keywords: entrepreneurship, Japanese language, job readiness, motivation, soft skill.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Seruni, A. P., Karnawati, R. A., Hendra, A. N., & Septiany, N. (2025). Penguatan Soft Skill dan Kesiapan Kerja ke Jepang bagi Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 38–45. https://doi.org/10.46961/jpk.v5i1.1723

Issue

Section

Articles

Citation Check