PENDAMPINGAN FOTO PRODUK UMKM KOMUNITAS SAUNG TALEUS DI KOTA BOGOR MENGGUNAKAN PONSEL CERDAS
DOI:
https://doi.org/10.46961/pkm.v1i2.465Abstract
Produk umkm binaan Saung Taleus banyak memasarkan produknya secara online melalui beberapa marketplace maupun laman media sosial. Permasalahannya keterampilan UMKM binaan Saung Taleus dalam fotografi produk sangat rendah. Hal ini terbukti dari foto-foto produk mereka yang dipasarkan di sosial media terlihat kurang menarik. Dengan adanya foto produk yang menarik menjadi salah satu strategi pemasaran yang jitu di tengah ketatnya persaingan pasar digital. Workshop foto produk diperlukan agar foto produk mitra terlihat menarik sehingga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pada kegiatan pelatihan ini kami melatih peserta mengenai teknik-teknik dasar fotografi beserta komposisinya. Peserta dibekali dengan fotografi kit seperti ring light, tripod dan mini studio box. Untuk mengambil gambar, peserta menggunakan ponsel masing-masing. Pelatihan ini cukup berhasil yang ditunjukkan oleh antusiasme para peserta pelatihan dan menghasilkan beberapa fotografi produk yang sangat bagus.
References
Dewi, A. R. (2016). Tak diduga, 5 film keren ini ternyata dibikin dengan kamera handphone. Retrieved December 14 2021, from https://www.brilio.net/wow/tak-diduga-5-film-kerenini- ternyata-dibikin-dengan-kamera-handphone-160205i.html#
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76.
Gunawan, A. P. (2014). Genre Fotografi yang Diminati oleh Fotografer di Indonesia. Humaniora, 5(2), 1234–1245.
Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kecamatan Lengkong Kota Bandung
Putro, F. H. A. (2020). Pelatihan Fotografi di Era Digital dalam Kontek Komunikasi Visual. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(12), 276-281.
Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness,
Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).