PELATIHAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL UNTUK MEMPERMUDAH USAHA DALAM AKSI MULTIMEDIA BERBAGI 7 (AMUBA 7) DISELENGGARAKAN SECARA LIVESTREAMING
DOI:
https://doi.org/10.46961/jpk.v2i2.582Abstract
Meningkatknya kebutuhan barang dan jasa bagi masyarakat Indonesia maka kita perlu mencari alternatif dalam proses pembayaran yang bersifat praktis, aman dan menghemat waktu. Oleh karena itu, transaksi non tunai menjadi pilihan dalam proses pembayaran. Adanya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dapat memudahkan proses transaksi yang dilakukan secara instan dan fleksibel menggunakan dompet digital. Hal ini menjadi strategi yang dilakukan pemilik usaha dalam memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran untuk menghadapi persaingan usaha. Adapun tujuan kegiatan ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman terhadap generasi muda yang ingin berusaha dalam mempermudah proses transaksi menggunakan dompet digital, serta meningkatkan usahanya sehinga memiliki kepercayaan diri dan kemampuan bersaing di dunia luar. Metode yang dilakukan pada pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan yang dilaksanakan secara livestreaming. Kegiatan ini diperuntukkan bagi pengguna media sosial dan tunawisma di beberapa daerah. Hasil dari pelatihan ini yaitu berupa peningkatan softskill dalam penggunaan dan pememanfaatan dompet digital untuk mempermudah usaha generasi muda.
References
Basu Swastha. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. BPFE.
Danis Puntoadi. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Fahmi, I. (2014). Bank & Lembaga Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fandy Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Hanieh Mirzaei, E. J. (2012). Differences of Traditional Marketing in Opposition to Electronic. Makalah disajikan dalam International Conference on Economics, Business, and Marketing Management, Singapore, 2012.
Iman, N. (2016). Financial Technology dan lembaga keuangan .
Kotler and Keller, Marketing Management, 14th Edition, United States of America: Pearson, 2012.
Maulyana, k. k. (2017). Bank vs Telecommunication E-Wallet : System. International Conference on Information Management and Technology.
Mankiw N,Gregory. (2009). Macroeconomics, 7th Edition. NewYork: WorthPublishers.
MarkPlus. (2012). Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A.,& Novalia, B. G. (2018). Peran Fintech dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif pada UMKM di Indonesia. Masharif alSyariah.
Rahayu, DM. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Efforts dan Brand Equity terhadap Consumer Response. MEDIASI 2 (3), 163-180.
S. Assauri. (2011). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
W. J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2005.
Danamon. (2021). Pilihan Uang Elektronik dan Dompet Digital. https://www.danamon.co.id/id/D-Bank/Artikel/Pilih-Uang-Elektronik-dan-Dompet-Digital
Kemenkeu. (2018). Sudah Saatnya Beralih ke E-Money Alat Pembayaran Zaman Now. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/sudah-saatnya-beralih-ke-e-money-alat-pembayaran-zaman-now/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).