PELATIHAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL UNTUK MEMPERMUDAH USAHA DALAM AKSI MULTIMEDIA BERBAGI 7 (AMUBA 7) DISELENGGARAKAN SECARA LIVESTREAMING

Dwi Mandasari Rahayu

Abstract


Meningkatknya kebutuhan barang dan jasa bagi masyarakat Indonesia maka kita perlu mencari alternatif dalam proses pembayaran yang bersifat  praktis, aman dan menghemat waktu. Oleh karena itu, transaksi non tunai menjadi pilihan dalam proses pembayaran. Adanya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dapat memudahkan proses transaksi yang  dilakukan secara instan dan fleksibel menggunakan dompet digital. Hal ini menjadi strategi yang dilakukan pemilik usaha dalam memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran untuk menghadapi persaingan usaha.  Adapun tujuan kegiatan ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman terhadap generasi muda yang ingin berusaha dalam mempermudah proses transaksi menggunakan dompet digital, serta meningkatkan usahanya sehinga memiliki kepercayaan diri dan kemampuan bersaing di dunia luar. Metode yang dilakukan pada pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan yang dilaksanakan secara livestreaming. Kegiatan ini diperuntukkan bagi pengguna media sosial dan tunawisma di beberapa daerah. Hasil dari pelatihan ini yaitu berupa peningkatan softskill dalam penggunaan dan pememanfaatan dompet digital untuk mempermudah usaha generasi muda.


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. BPFE.

Danis Puntoadi. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Fahmi, I. (2014). Bank & Lembaga Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fandy Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Hanieh Mirzaei, E. J. (2012). Differences of Traditional Marketing in Opposition to Electronic. Makalah disajikan dalam International Conference on Economics, Business, and Marketing Management, Singapore, 2012.

Iman, N. (2016). Financial Technology dan lembaga keuangan .

Kotler and Keller, Marketing Management, 14th Edition, United States of America: Pearson, 2012.

Maulyana, k. k. (2017). Bank vs Telecommunication E-Wallet : System. International Conference on Information Management and Technology.

Mankiw N,Gregory. (2009). Macroeconomics, 7th Edition. NewYork: WorthPublishers.

MarkPlus. (2012). Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A.,& Novalia, B. G. (2018). Peran Fintech dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif pada UMKM di Indonesia. Masharif alSyariah.

Rahayu, DM. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Efforts dan Brand Equity terhadap Consumer Response. MEDIASI 2 (3), 163-180.

S. Assauri. (2011). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

W. J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2005.

Danamon. (2021). Pilihan Uang Elektronik dan Dompet Digital. https://www.danamon.co.id/id/D-Bank/Artikel/Pilih-Uang-Elektronik-dan-Dompet-Digital

Kemenkeu. (2018). Sudah Saatnya Beralih ke E-Money Alat Pembayaran Zaman Now. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/sudah-saatnya-beralih-ke-e-money-alat-pembayaran-zaman-now/




DOI: https://doi.org/10.46961/jpk.v2i2.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by