PELATIHAN PEMANFAATAN LAYANAN GOOGLE PADA GURU KAS UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.46961/jpk.v2i2.610Abstract
Proses pembelajaran merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan. Pada masa pandemi Covid-19, proses pembelajaran yang awalnya berupa tatap muka secara langsung, harus berubah menjadi pembelajaran daring. Masalah yang muncul dari perubahan ini adalah minimnya pemahaman guru terhadap perangkat lunak yang mendukung dalam proses pembelajaran daring, sehingga guru mengalami banyak kendala dalam proses pembelajaran secara daring. Oleh sebab itu pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pelatihan penggunaan layanan Google untuk mendukung pembelajaran secara daring. Pengabdian ini diikuti oleh 200 guru Keuskupan Agung Semarang, para guru diberikan pelatihan berupa cara penggunaan Google Form, Google Meet dan Google Classroom. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada para guru, hasilnya pengabdian ini sangat membantu guru Keuskupan Agung Semarang (KAS) dan harapannya kegiatan ini bisa terus dilaksanakan kembali.
Kata Kunci: pembelajaran; pandemi Covid-19; Google Form, Google Meet, Google ClassroomReferences
Asilestari, P., & Marleni, L. (2021). Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi. 1, 19–21.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. Retrieved from file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf
Kemendikbud. (2020). Pendidikan Era New Normal: Belajar Dari Study From Home. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Pendidikan-Era-New-Normal-Belajar-Dari-Study-From-Home, 1.
Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Astutik, F. (2020). Pelatihan Google Classroom sebagai Platform Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 185–198.
Permana, E. P., & Rosalia, N. D. (2021). Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Mengajar saat Work From Office bagi Guru SDN 02 Puyung Di Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 75–80.
Saifullah, S., & Akbar, B. M. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Google Classroom Bagi Guru MA Raden Fatah Prambanan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 93–103.
Santri, D. J., Amizera, S., & Tibrani, M. M. (2021). Pelatihan Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom di Era Covid – 19 Bagi Guru MGMP IPA Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(02), 426–436. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.18456
Sastra, I. F. A., & Widianto, E. (2022). Pelatihan Penggunaan Google Classroom dan Google Form Sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring di SDN Pisangcandi 1 Desa Pisangcandi Kecamatan Sukun Kota Malang. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 35–45. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4344
Siregar, M. I., Khamisah, N., Maryati, S., & Pratiwi, T. S. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Terkait Media Daring Google Classroom dan Google Form di Masa Pandemi Covid 19 pada Sekolah Dasar Negeri 23 Palembang ( Socialization and Training Related to Online Media Google Classroom and Google Form throughout the Covid 19 P. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.35912/jpm.v2i2.630
Sutrisno. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Online Dengan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95–106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).