PELATIHAN PEMANFAATAN LAYANAN GOOGLE PADA GURU KAS UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Joanna Ardhyanti Mita Nugraha Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/jpk.v2i2.610

Abstract

Proses pembelajaran merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan. Pada masa pandemi Covid-19, proses pembelajaran yang awalnya berupa tatap muka secara langsung, harus berubah menjadi pembelajaran daring. Masalah yang muncul dari perubahan ini adalah minimnya pemahaman guru terhadap perangkat lunak yang mendukung dalam proses pembelajaran daring, sehingga guru mengalami banyak kendala dalam proses pembelajaran secara daring. Oleh sebab itu pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pelatihan penggunaan layanan Google untuk mendukung pembelajaran secara daring. Pengabdian ini diikuti oleh 200 guru Keuskupan Agung Semarang, para guru diberikan pelatihan berupa cara penggunaan Google Form, Google Meet dan Google Classroom. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada para guru, hasilnya pengabdian ini sangat membantu guru Keuskupan Agung Semarang (KAS) dan harapannya kegiatan ini bisa terus dilaksanakan kembali.

Kata Kunci: pembelajaran; pandemi Covid-19; Google Form, Google Meet, Google Classroom

References

Asilestari, P., & Marleni, L. (2021). Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi. 1, 19–21.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. Retrieved from file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf

Kemendikbud. (2020). Pendidikan Era New Normal: Belajar Dari Study From Home. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Pendidikan-Era-New-Normal-Belajar-Dari-Study-From-Home, 1.

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Astutik, F. (2020). Pelatihan Google Classroom sebagai Platform Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 185–198.

Permana, E. P., & Rosalia, N. D. (2021). Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Mengajar saat Work From Office bagi Guru SDN 02 Puyung Di Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 75–80.

Saifullah, S., & Akbar, B. M. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Google Classroom Bagi Guru MA Raden Fatah Prambanan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 93–103.

Santri, D. J., Amizera, S., & Tibrani, M. M. (2021). Pelatihan Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom di Era Covid – 19 Bagi Guru MGMP IPA Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(02), 426–436. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.18456

Sastra, I. F. A., & Widianto, E. (2022). Pelatihan Penggunaan Google Classroom dan Google Form Sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring di SDN Pisangcandi 1 Desa Pisangcandi Kecamatan Sukun Kota Malang. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 35–45. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4344

Siregar, M. I., Khamisah, N., Maryati, S., & Pratiwi, T. S. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Terkait Media Daring Google Classroom dan Google Form di Masa Pandemi Covid 19 pada Sekolah Dasar Negeri 23 Palembang ( Socialization and Training Related to Online Media Google Classroom and Google Form throughout the Covid 19 P. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.35912/jpm.v2i2.630

Sutrisno. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Online Dengan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95–106.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Nugraha, J. A. M. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN LAYANAN GOOGLE PADA GURU KAS UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 85–91. https://doi.org/10.46961/jpk.v2i2.610

Issue

Section

Articles

Citation Check