PRODUKSI MEDIA PROMOSI DIGITAL UNTUK UMKM MELALUI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WANITA (PPSW)

Freddy Yakob, Syahyuni Srimayasandy, Adryans Adryans, Putri Surya Cempaka

Abstract


Dalam rangka meningkatkan branding produk pelaku usaha mikro khususnya wanita, Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) melalui Koperasi Pengembangan Sumberdaya Wanita (KPSW) mewadahi para wanita agar tetap produktif sebagai pendukung dalam kegiatan ekonomi keluarga. Pelaku usaha wanita ini didominasi ibu rumah tangga yang masih awam terhadap branding dan media digital. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini bertujuan agar dapat memberikan pemahaman dan praktik terkait produksi media promosi dan media digital. Metode dilakukan dengan pelatihan berkelanjutan mulai dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi kepada 10 KPSW pilihan. Pada pra produksi akan diajarkan terkait proses perencanaan konten dan teknik dasar pengambilan gambar. Lalu produksi dilakukan pada masing-masing lokasi KPSW dengan mentor dari pengabdi. Setelah itu pada pasca produksi dilakukan pembelajaran terkait editing dasar.  Selanjutnya melakukan publikasi hasilnya pada media digital. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah video untuk disebarkan melalui media digital. Pengabdian ini dapat memberikan konsep dasar bagi PPSW agar dapat memberikan pembelajaran kepada pelaku usaha pada KPSW lain. Dampak yang diharapkan adanya pengembangan produktifitas pelaku usaha mikro, khusus para wanita agar tetap berkontribusi dalam peningkatan ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Nastain, M. (2017). Branding dan Eksistensi Produk. Jurnal Channel, 5(1), 14-26. https://www.readcube.com/articles/10.12928%2Fchannel.v5i1.6351

Sari, W. E. & Yulianto. (2021). Video Branding untuk Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah. Jipemas, 4(1), 10-18. DOI:10.33474/jipemas.v4i1.7174




DOI: https://doi.org/10.46961/jpk.v2i2.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by