PENDAMPINGAN GURU SMK PADA IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Muh Shofiyuddin, olyvia revalita candraloka

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMK Al-Hidayah Jepara dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan pada program ini adalah pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Mitra pada program ini adalah guru bahasa inggris pada SMK Al-hidayah mayong. Peserta antuasias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Pelatihan yang dilaksanakan berupa pemaparan merdeka belajar, konsep dan tahapan project based learning, desain dan implementasi PjBL dalam kurikulum merdeka belajar. Pada tahap pendampingan, peserta didampingi dalam pembuatan rancangan atau desain pembelajaran PjBL dalam pembelajaran berdiferensiasi, serta praktik mengajar. Evaluasi dilakukan menggunakan Focus Group Discussion dan kueisoner. Sebanyak 75% peserta mampu memahami dan terampil dalam mendesain dan mengimplementasikan model pembelajaran Project based learning

Kata Kunci: kurikulum merdeka belajar, project based learning, proses pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang

Nurrahmah, A., Karim, A., & Suhendri, H. (2020). PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS IT BAGI GURU MI TRAINING OF LEARNING MODEL OF LEARNING PROJECT BASED LEARNING IT FOR TEACHERS MI. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 5(1).

Santyasa, I. W. (2018, May). Student centered learning: Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.46961/jpk.v3i1.755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by