PENDAMPINGAN GURU SMK PADA IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.46961/jpk.v3i1.755Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMK Al-Hidayah Jepara dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan pada program ini adalah pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Mitra pada program ini adalah guru bahasa inggris pada SMK Al-hidayah mayong. Peserta antuasias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Pelatihan yang dilaksanakan berupa pemaparan merdeka belajar, konsep dan tahapan project based learning, desain dan implementasi PjBL dalam kurikulum merdeka belajar. Pada tahap pendampingan, peserta didampingi dalam pembuatan rancangan atau desain pembelajaran PjBL dalam pembelajaran berdiferensiasi, serta praktik mengajar. Evaluasi dilakukan menggunakan Focus Group Discussion dan kueisoner. Sebanyak 75% peserta mampu memahami dan terampil dalam mendesain dan mengimplementasikan model pembelajaran Project based learning.
Kata Kunci: kurikulum merdeka belajar, project based learning, proses pembelajaran
References
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang
Nurrahmah, A., Karim, A., & Suhendri, H. (2020). PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS IT BAGI GURU MI TRAINING OF LEARNING MODEL OF LEARNING PROJECT BASED LEARNING IT FOR TEACHERS MI. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 5(1).
Santyasa, I. W. (2018, May). Student centered learning: Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).