PELATIHAN ANALISIS DATA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.46961/jpk.v3i2.792Abstract
Microsoft Excel adalah software atau aplikasi pengolah angka yang memudahkan dalam melakukan analisis data serta mencerna hasil pekerjaan bila digunakan untuk membuat grafik dan presentasi. Di era digital seperti ini, teknik analisis data menjadi suatu keahlian yang sangat penting untuk dimiliki setiap pekerja termasuk oleh guru. Permasalahan yang terjadi di banyak SMA adalah banyak guru yang sudah mengetahui cara mengolah data, namun masih banyak juga yang mengalami kesulitan dalam menganalisis hasil olahan data tersebut. Data-data yang diolah adalah data yang mendukung proses belajar mengajar, seperti data nilai murid dan hasil belajar murid. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengenalan Microsoft Excel, pengenalan fungsi dan formula pada Microsoft Excel, analisis data deskriprif dan visualisasi data, juga dilengkapi dengan latihan mandiri untuk para guru. Jumlah sasaran pengabdian ini adalah guru-guru dari bidang mata pelajaran apapun dan jenis pengabdian yang dilakukan adalah berupa pelatihan. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini memberikan banyak manfaat untuk para peserta maupun untuk pemateri.
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(1), 1–19
Anggito, Albi & Johan, Setiawan. (2018) Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak.
Hardiansyah, Haris. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Kurnianingtyas, C. D., & Ratna Mustika Dewi. (2023). Pelatihan Microsoft Excel bagi Guru-guru di SD Negeri 3 Bareng Lor Klaten. Jurnal Atma Inovasia, 3(3), 255–258. https://doi.org/10.24002/jai.v3i3.7051
Muhid, Abdul. (2010). Analisis Statistik SPSS for Windows, Cara Praktis Melakukan Analisis Statistik. Surabaya: Lembaga Peneliti IAIN Sunan Ampel Suarabaya.
Mulyani, H., Tiawan, M., Nugraha, H., Fathi, M. L., & Latif, U. (2021). Pelatihan Microsoft Office Excel Dan Powerpoint Tingkat Sma/Smk Se-Kabupaten Purwakarta, Karawang Dan Subang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 363–368. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.547
Rafasya, P. A., Sundi, V. H., Matematika, P., Pendidikan, F. I., Jakarta, U. M., & Dahlan, K. H. A. (2021). Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Microsoft Excel Di Sman 8 Tangerang Selatan. 2021, 8–13.
Rosyidah, M., Marhaini, M., Sary, R. K., Ardianto, F., & Apriani, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Mmicrosoft Office Bagi Guru Smp Al-Hamidiyah Palembang. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 1(2), 70–78. https://doi.org/10.20885/jamali.vol1.iss2.art3
Yusri, R., Edriati, S., & Yuhendri, R. (2020). Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4214[
Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEKAMAS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).