STRATEGI PUBLIC RELATIONS KEDAI KOPI CHUSEYO DENGAN IDENTITAS KOREAN WAVE DALAM MEMBANGUN CITRA KEKINIAN

Denny Limanto, Christina Christina, Rustono Marta, Laurencia Kurniawati

Abstract


Industri bisnis kopi berkembang pesat karena perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Berdasarkan riset, kedai kopi di Indonesia per Agustus 2019 terdapai 2.950 kedai kopi. Penggebrak konsep minum kopi kekinian yang terkena pengaruh Korean Wave yaitu Kopi Chuseyo. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi Public Relations yang digunakan oleh Kopi Chuseyo dalam membangun citra dan untuk mengetahui citranya di pandangan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, bersifat studi kasus dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kopi Chuseyo berhasil membentuk identitas Korean Wave dan mendapatkan citra perusahaan yang baik di mata masyarakat berkat adanya community involvement, membuat event, dan menggunakan media sosial. Kopi Chuseyo dapat dikategorikan menjadi lima jenis citra yang ada, yaitu Mirror Image, Current Image, Wish Image, Corporate Image, dan Multiple Image yang direspon oleh pelanggan setelah melalui tahap kognisi, persepsi, sikap, dan motivasi.


Full Text:

PDF

References


Chuseyo, K. (2020). Franchise Kopi Chuseyo Konsep Unik Profit Tinggi.

Febriansyah, F. (2019). Pengembangan Usaha UKM Kedai Kopi Abang Kecamatan Pulogadung Dengan Metode Business Model Canvas. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89–96.

Fensi, F., & Christian, M. (2018). Determinan Citra Merek Pada Iklan Produk Gawai “Vivo” Berdasarkan Aspek “Celebrity Endorser.” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(02), 163. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1659

Fernando, J., & Marta, R. F. (2018). Nasionalisme Fashion Dan Pemantik Citra Negara Dalam Situs www.Damniloveindonesia.Com. National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1299

Handayani, D. N., Sudrajat, R. H., & Imran, A. I. (2015). ANALISIS ISI VISUAL IKLAN DAN STRATEGI KREATIF KATEGORI PRINT AD PEMENANG GOLD, SILVER, DAN BRONZE CITRA PARIWARA 2015. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 6(1), 1–14.

Hardjana, A. A. (2013). Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.24002/jik.v5i1.215

Hariyanto. (2019). Riset Toffin: Bisnis Kedai Kopi Makin Menggeliat di 2019. In Industry.co.id. https://www.industry.co.id/read/58786/riset-toffin-bisnis-kedai-kopi-makin-menggeliat-di-2019

Huda, K. N., & Suryoko, S. (2018). PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND PREFERENCE PADA STARBUCKS COFFEE DI KOTA SEMARANG. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3). journal.ui.ac.id › amj › article › download

Kementerian Perindustrian. (2017). Peluang Usaha IKM Kopi. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Kriyantono, R., & Sa’diyah, H. (2018). Kearifan Lokal dan Strategi Komunikasi Public Relations di BUMN dan Perusahaan Swasta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 171–188. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1480

Kurniawan, A., & Ridlo, M. R. (2017). Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 9–22. http://redfame.com/journal/index.php/ijsss/article/view/200

Marta, R. F., Fernando, J., & Kurniawati, L. S. M. W. (2020). Tinjauan Peran Komunikasi Keluarga Pada Kinerja Public Relations Melalui Konten Laman Resmi Media Daring Kpppa. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 30–42. https://doi.org/10.46937/18202028620

Nugraha, A. R. (2014). Fungsi Humas Pemerintah Kabupaten Sumedang Dalam Mengkampanyekan Sumedang Sebagai Puseur Budaya Sunda (Spbs). Journal Edutech, 13(1), 34. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3220

Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Ridhania, F. (2012). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP GAYA KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PRODUK STARBUCKS. In Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/file:///C:/Users/Asus/Downloads/338-Article%20Text-640-1-10-20170324.pdf

Riyanto, M. (2008). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS IKLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP MEREK Studi Kasus Pada Iklan Ponds di Kota Semarang.

Saputri, A. F., Fauzi, A., & Irawan, A. (2018). PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP CITY IMAGE DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KOTA WISATA BATU (Survei pada Wisatawan yang Berkunjung ke Kota Wisata Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 82–91.

Setiadi, A. A. (2010). Analisis Isi Implementasi Elemen Competitive Identity pada Nation Branding “ Imagine Your Korea ” di Facebook Pendahuluan. Jurnal E-Komunikasi, 5(1). http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6162

Setiawan, B., & Fithrah, D. S. (2019). Kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 102. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12909

Sukri, A., & Yesicha, C. (2017). Analisis Framing Berita Di Surat Kabar Riau Pos Dan Tribun Pekanbaru. Jurnal Komunikasi Global, 6(2), 220–238. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKG/article/view/9333

Supriatna, S., & Aminah, M. (2016). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Luwak (Studi Kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey, Bandung). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(3), 227. https://doi.org/10.29244/jmo.v5i3.12171

Susanty, A., & Kenny, E. (2015). The Relationship between Brand Equity, Customer Satisfaction, and Brand Loyalty on Coffee Shop: Study of Excelso and Starbucks. ASEAN MARKETING JOURNAL, 1, 14–27. journal.ui.ac.id › amj › article › download

Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan Tik Terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus Pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42–52. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017

Ulfa, R., & Marta, R. F. (2017). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA YAYASAN NURUL IBAD JAKARTA TIMUR. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(02). https://doi.org/10.30813/bricolage.v2i02.835

Utami, P. N. (2018). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Hak Atas Rasa Aman Di Nusa Tenggara Barat. Jurnal HAM, 9(1), 1. https://doi.org/10.30641/ham.2018.9.1-17

Widjaja, M., Wijaya, S., & Jokom, R. (2008). Analisis Penilaian Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Coffee Shops Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(2), 89–101. https://doi.org/10.9744/jmp.3.2.89-101

Zubair, F., Mariana, D., Sjoraida, D. F., & Yudhistira.K.Garna. (2016). KAJIAN PUBLIC RELATIONS BUDAYA DALAM KEGIATAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT BADUY (Studi Etnografi Komunikasi tentang aktivitas Internal dan External Relations oleh Jaro Pamarentah pada masyarakat Kanekes Luar, di Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Jawa Barat). Universitas Padjajaran.




DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Denny Limanto, Christina Christina, Rustono Marta, Laurencia Kurniawati



Indexed by:

    


MEDIASI

JURNAL KAJIAN DAN TERAPAN MEDIA, BAHASA DAN KOMUNIKASI

P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995


Penerbit: 

Jurusan Penerbitan bekerja sama dengan P3M Polimedia

Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung E, Lantai 1)

Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

DKI Jakarta, Indonesia