PERAN KPI DALAM PROSES PENGAWASAN SIARAN TV NASIONAL DI INDONESIA

Muhamad Ridwan

Abstract


Eksistensi KPI adalah bagian dari wujud peran serta masyarakat dalam hal penyiaran, baik sebagai wadah aspirasi maupun mewakili kepentingan masyarakat (UU Penyiaran, pasal 8 ayat 1). Legitimasi politik bagi posisi KPI dalam kehidupan kenegaraan berikutnya secara tegas diatur oleh UU Penyiaran sebagai lembaga negara independen yang mengatur hal-hal mengenai penyiaran (UU Penyiaran, pasal 7 ayat 2). Secara konseptual posisi ini mendudukkan KPI sebagai lembaga kuasi negara atau dalam istilah lain juga biasa dikenal dengan auxilarry state institution. Intinya penelitian ini akan melihat bagaimana peranan Komisi Penyiaran Indonesia dalam proses pengawasan siaran di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi yang valid, dalam penelitian ini akan dilakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan nara sumber yang dinilai mempunyai kemampuan serta kapabilitas sesuai dengan bidangnya masing-masing

Keywords


Pengawasan, Penyiaran, Siaran

Full Text:

PDF

References


Ardianto Elvirano & Lukiati K.M,Komunikasi Massa Suatu Pengantar: Simbiosa Rekatama Media, 2004

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Rineka Cipta. Jakarta.

Arifin Anwar, strategi komunikasi, sebuah pengantar ringkas.armico bandung

Djuarsa sendjaja S, Pengantar ilmu Komunikasi: Universitas Terbuka. Jakarta 1998

Djuarsa sendjaja S,Teori Komunikasi: Universitas Terbuka, Jakarta 1994

Effendy Onong Uchjana, llmu, Teori dan Filsafat Komunikasi: (Bandung, Citra Aditya Bakti, 2003).

Iskandar Muda Deddy, Jurnalistik televisi Menjadi Reporter Profesional: Pt Remaja Rosdakarya, Bandung Ibrahim Subandy & Hanif Susanto, Wanita dan Media:PT Remaja Rosdakarya. Bandung 1999.

Mar’at, Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya, Ghalia Indonesia.1992.s

McQual Denis Teori Komunikasi Massa. Suatu Pengantar, Edisi Kedua, Erlangga- Jakarta,1996

Mcquail Dennis, Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, (Edisi Kedua : Erlangga, 1996).

Morissan, Media Penyiaran ( Strategi Mengelola Radio Dan Televisi). Ramdina Prakarsa. Jakarta. 2005.

Mulyana Deddy. Ilmu komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2000.

Muda Iskandar Deddy, Jurnalistik televisi Menjadi Reporter Profesional, Pt Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhamad Ridwan, Pengaruh Faktor Psikologis Dan Faktor Kepribadian Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Partisipasi Pelanggan E-Ecommerce Di Indonesia, Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus

Muhtadi Saepul Asep, Jurnalistik; Pendekatan Teori dan Praktek, Jakarta, Logos Wacana Ilmu 1999.

Nawawi H.Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, Univ, Gajah Mada, Yogyakarta, 1991

Nazir Mohammad, Metode Penelitian, Jakarata, Ghalia Indonesia, 1988.

Nurudin, Komunikasi Massa, Pustaka Pelajar Yogyakarta, 2003.

Rakhma Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung 1994-1996. Setiawan Bambang, Metode Penelitian Komunikasi, Univ Terbuka 1995

Sendjaya Sasa Djuarsa. Dkk, Teori Komunikasi, bandung. Remaja Rosda Karya.2001.

Setyanto Eko, Metode Penelitian Komunikasi, Univ, Sebelas Maret, Jurusan Ilmu Komunikasi Surakarta, 2001

Susanto Astrid S., Komunikasi Sosial di Indonesia, (Bandung, Bina Cipta, 2001)

Wahyudi JB, Dasar – dasar Jurnalistik Radio dan Televisi, (Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1996)




DOI: https://doi.org/10.46961/jip.v9i2.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:



Publipreneur Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif.

JL. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta 12640 Indonesia

Email: [email protected]


Publipreneur Polimedia is licensed under a Creative Commons Atttribution 4.0 International License.

p-ISSN 2338-5049 | e-ISSN 2723-6323

View My Stats