MASKULINITAS DALAM MEDIA ONLINE: ANALISIS WACANA KRITIS DALAM KAJIAN CERAMAH USTAZ SALAF

Ahmad Abdullah Rosyid

Abstract


Berbagai macam akun mempublikasikan video dengan beragam konsep, ada yang berisi games, ada yang belisi vlog, dan juga ada yang berisi ceramah. Dalam makalah ini, peneliti akan membahas isi ceramah yang dibawakan oleh Ustaz Khalid tentang isu-isu gender, seperti perbedaan antara laki-laki dan perempuan serta karakteristik seorang laki-laki terhadap perempuan. Tiga tayangan diambil sebagai sampel dan dianalisis menggunakan teori wacana kritis Norman Fairclough yang menawarkan konsep tiga dimensi di dalamnya, yakni tekstual, wacana, dan sosial. Hasil yang diperoleh adalah dari ketiga video tersebut, Ustaz Khalid berusaha menanamkan ideologi dalam masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan sistem kekeluargaan patriarki yang dianut oleh mayoritas masyarakat di Indonesia.


Keywords


maskulinitas; media; analisis wacana; gender;



DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i3.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Abdullah Rosyid



Indexed by:

             

MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi

P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995


PUBLISHER: 

The Center for Research and Community Services or Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Media Kreatif (P3M Polimedia)

Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung A, Lantai 1)

Jalan Srengseng Sawah No. 17 RT/RW 008/003, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta, Indonesia 12640