PENGGUNAAN SKIMMING METHOD DALAM MEMAHAMI JURNAL BERBAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA DI STIE AUB SURAKARTA

Hanif Safika Rizky, Yenni Khristiana

Abstract


Penggunaan skimming method untuk membaca jurnal berbahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman isi teks berbahasa Inggris oleh mahasiswa di STIE AUB Surakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, mahasiswa STIE AUB Surakarta sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes sebelum mendapat pemahaman tentang penggunaan skimming method dalam membaca jurnal dan hasil tes sesudah mendapat pemahaman berbeda dan menunjukkan kenaikan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa, pada teknik uji T pada tes sebelum dan sesudah dengan hasil 6,6 > 1,72 atau signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan skimming method dalam membaca jurnal berbahasa Inggris oleh mahasiswa di STIE AUB Surakarta dapat meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris dan pemahaman isi teks berbahasa Inggris.


Keywords


Skimming Method; Pemahaman; Jurnal; Bahasa Inggris;



DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i3.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hanif Safika Rizky, Yenni Khristiana



Indexed by:

             

MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi

P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995


PUBLISHER: 

The Center for Research and Community Services or Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Media Kreatif (P3M Polimedia)

Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung A, Lantai 1)

Jalan Srengseng Sawah No. 17 RT/RW 008/003, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta, Indonesia 12640