PEMUSATAN KEPEMILIKAN MEDIA: IMPLIKASINYA TERHADAP KONTEN MEDIA
Abstract
Pemusatan media telah menimbulkan konsekuensi terhadap lahirnya konglomerasi dalam industri media. Kemunculan konglomerasi media disebabkan adanya penggabungan di antara korporat media serta pengambilalihan sehingga pada gilirannya akan dapat menelan ataupun menguasai berbagai platform di berbagai jenis media. Konsentrasi media berdampak pada praktik kepemilikan media yang mana kepemilikan terpusat dan terbatas pada sejumlah pemegang modal. Faktor ekonomi politik media sangat terkait dengan masalah permodalan atau modal investor yang beroperasi di sektor media. Konglomerasi media telah memunculkan model kepemilikan media yang memiliki kecenderungan kapitalistik. Kepemilikan media menjadi bentukan terminology yang selalu terkait dengan keberadaan konglomerasi dan berbagai bentuk monopoli media. Pemusatan media dapat mengakhiri keberagaman media, yaitu berakhirnya produksi konten tekstual dan menandai berakhirnya konten media yang demokratis sekaligus homogen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i3.147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nova Darmanto
Indexed by:
MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi
P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995
PUBLISHER:
The Center for Research and Community Services or Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Media Kreatif (P3M Polimedia)
Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung A, Lantai 1)
Jalan Srengseng Sawah No. 17 RT/RW 008/003, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta, Indonesia 12640