PENGGUNAAN TEKNIK KREATIF BRAINSTORMING DALAM PRODUKSI PROGRAM TELEVISI NONDRAMA

Authors

  • Rusman Latief Akademi Televisi Indonesia, Indonesia

Keywords:

penyiaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teknik kreatif brainstorming dalam mendesain dan produksi program nondrama, yaitu format program televisi yang diciptakan melalui proses pengolahan imajinasi kreatif dari realitas dari kehidupan sehari-hari yang memiliki elemen informasi, hiburan, dan edukasi. Format program nondrama di antaranya, musik, permainan, reality show, pertunjukan, komedi, variety show, talkshow, dan newstainment. Dimaksud dengan kreatif branstorming adalah suatu cara untuk memperoleh sejumlah besar ide-ide dari sekelompok orang dalam waktu singkat. Peserta branstorming biasanya tidak lebih dari 12 orang dan terdiri dari eksekutif produser, produser, program director dan kreatif. Bisa juga melibatkan individu di luar bagian produksi, seperti bagian pemasaran, research and development, serta client. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi dokumen dengan cara mengumpulkan informasi dan data dari berbagai material seperti, buku, media online, jurnal ilmiah dan lainnya. Lebih lanjut, penelitian ini melakukan pendekatan pengamatan alami (natural observation) dengan melakukan pengamatan pada objek agar mendapatkan data valid untuk menarik kesimpulan. Setelah melakukan penelitian, ditemukan bahwa teknik brainstorming dalam proses kreatif program nondrama umum digunakan oleh stasiun televisi. Teknik kreatif brainstorming efektif digunakan untuk mendapatkan ide yang orisinal, terbaru, dan bermanfaat bagi tim kerabat kerja produksi serta khalayak yang menjadi target segmentasi dari program yang akan diproduksi.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Latief, R. (2024). PENGGUNAAN TEKNIK KREATIF BRAINSTORMING DALAM PRODUKSI PROGRAM TELEVISI NONDRAMA. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 12(1), 1–12. Retrieved from https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/JIP/article/view/1340

Citation Check