STUDI KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN SIKAP DEMOKRATIS MAHASISWA

Authors

  • Suardi Suardi Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia
  • Eva Fachria [email protected], Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/jip.v6i2.81

Keywords:

Prestasi Belajar, Demokratis

Abstract

Pendidikan Kewaiganegaraan memiliki visi meivujudkan  masyarakat demokratis, sedangkan misinya adalah membentuk warga negara yang  baik (good citizenship), yaitu menciptakan kompetensi peserta didik agar mampu berperan aktif dan bertanggung jawab bagi kelangsungan pemerintahan demokratis melalui pengembangan pengetahuan, karakter dan keterampilan kewarganegaraan

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan

survey yang bersifat korelasional. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini ditempuh dengan survey, yaitu dengan  melakukan  penyebaran  angket. Penelitian ini terdiri dari dna variabel, yaitu prestasi belajar PKn mahasiswa sebagai variabel bebas (independent variable) dan sikap demokiatis mahasiswa sebagai vai iabel terikat (dependent variable).

Berdasarkan hasil analisis sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar PKn berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap demokratis Mahasiswa Semester 1 Politeknik Negeri .Media Kreatif PSDKU Makassar. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,313 dan koefisien determinasi sebesar 9,8% yang menyatakan bahwa  sip  demokratis  mahasiswa  dipengaruhi  oleh  prestasi  belajai Pendidikan Kewarganegaraan mahasiswa sebesar 9,8%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Azra, Azyumardi. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani Jakarta: Prenada Media

Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia:Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budiardjo, Miriam. 2009. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

http://community.gunadarma.ac.id/blog/vie w/id_13483/title_demokrasi-pancasila (diakses tanggal 12 Februari 2016)

http://supandip4tkipsmlg.wordpress.com/20 08/08/12/strategi-good-news-class-meeting-dalam-pembelajaran-pkn/ (diakses tanggal 21 Februari 2016)

http://suryanto.blog.unair.ac.id/2009/02/09/sikap-pengukuran-dan-prediksi-perilaku/ (diakses tanggal 23 Februari 2016)

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02 /pendidikan-kewarganegaraan-3/ (diakses tanggal 7 Februari 2016)

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/04 /demokrasi-hukum-dan-hak-asasi manusia/ (diakses tanggal 5 Februari 2016)

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Purwanto,

M. Ngalim. 1985. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Wirawan Sarlito. 2003. Pengantar Umum Psikologi.Jakarta: PT Bulan Bintang

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sofhian, Subhan dan Gatara, Asep Sahid.

Pendidikan Kewarganegaraan: Pendidikan Politik, Nasionalisme, dan Demokrasi. Bandung: Fokusmedia

Downloads

Published

2020-09-05

How to Cite

Suardi, S., & Fachria, E. (2020). STUDI KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN SIKAP DEMOKRATIS MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 6(2), 1–08. https://doi.org/10.46961/jip.v6i2.81

Citation Check