PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.46961/jip.v6i2.82Keywords:
perancangan, kamus visual, permainan tradisional.Abstract
Egrang merupakan salah satu dari sekian banyak permainan tradisional Indonesia yang perlu diwariskan, dijaga, dilestarikan dan dipertahankan keberadaannya. Namun saat ini permainan tradisional egrang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat khususnya anak-anak karena adanya permainan baru yaitu game online yang dimainkan menggunakan gadget. Berdasarkan hal terebut penulis mengambil rumusan masalah yaitu bagaimana merancanag kamus visual permainan tradisional egrang berbasisi cetak.
Tujuan perancangan ini untuk mengetahui bagaimana cara merancang kamus visual edukasi permainan tradisional egrang yang menarik untuk anak usia 6 tahun keatas dengan proses pengumpulan data yang dilakukan secara studi keputakaan dan studi lapangan.
Perancangan kamus visual membahas tentang permainan tradisional egrang yang dimuat dalam bentuk ilustrasi agar dapat menarik minat anak.
References
Andi. “Menjadi Seorang Desainer Grafisâ€. (Semarang: Wahana Komputer, 2007)
Anderson Ronald H. “Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran (terjemahanYusufhadi Miarso, dkk).Jakarta: Raja Grafindo Persada (1994)
Arief S. Sadiman, dkk. “Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannyaâ€. (Jaka rta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012)
Arsyad, Azhar.. “Media Pembelajaranâ€, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)
Azizah, I. “Efektivitas pembelajaran menggunakan permainan tradisional terhadap motivasi dan hasil belajar materi gaya di kelas IV†Mingronggot Nganjuk. Jurnal:Dinamika Penelitian, 16, (2), hlm. 279-208.(2016)
Balai Pustaka Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2007.
Budianto, Iwan. “Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannyaâ€. (Yogyakarta:Andi, 2010).
Dharsono,, “Seni Rupa Modern†(Bandung: Rekayasa Sains Sony, Kartika.,2004).
Danton, Sihombing, “Tipografi Dalam Desain Grafisâ€. (Jakarta: Gramedia: 2001)
Haris, I.“Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublek-Cublek Suweng sebagai Media untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Moral Anak Usia Diniâ€. Jurnal AUDI, 1 (1), 15-20 (2016).
Hendratman, Hendi. “Tips N Trik Coumputer Graphic Desainâ€. (Bandung: Informatika, 2010)
https://gpswisataindonesia.info/2013/11/sejarah-permainan-tradisional-egrang/.diakses pada tanggal 19 Juli 2020, jam 11.39.
https://gpswisataindonesia.info/2013/11/sejarah-permainan-tradisional-egrang/. Diakses pada tanggal 20 Juli 2020, jam 19.26.
Kurniati, Euis.â€Permainan Tradisional dan Perannya KeterampilanSosialAnak.â€.. (Jakarta : Prenamedia Group. 2016)
Kurniasih,Sani.2014â€Strategi–Strategi Pembelajaranâ€Alfabeta:Bandung:64
Kustandi, Cecep., dan Sutjipto, Bambang. “Media Pembelajaran: Manual dan Digitalâ€. (Bogor: Ghalia Indonesia. 2013)
Kusrianto. “Pengantar Desain Komunikasi Visualâ€.(Jogjakarta: ANDI, 2007)
Nurhasan. “Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmaniâ€. Bandung:STKIP. (2013).
Moeslichatoen. 2005. “Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak". Jakarta: Rineka Cipta
Rustan, Surianto. “Layout Dasar dan Penerapannyaâ€. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010).
Sudjana, N. dan Rivai. (1990). Media Pengajaran. Dalam Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. (hal.24-25). Jakarta: Rajawali Pers. 1990)
Swan, “Basic Design and Layoutâ€. (Oxford: Phaidon, 1989)
Thabrani. “Desain Grafis dengan FLASH dan CorelDRAWâ€.(Bandung: D@ATAKOM, 2005).
Wibowo, Teguh. “Belajar Desain Grafisâ€. (Yogyakarta: Buku Pintar,2003).
Wikipedia. Defenisi Buku.(online). https://id.wikipedia.org/wiki/Buku. Diakses tanggal 20 Juli 2020, jam 19.04.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. will be allowed only with written permission from the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia.
Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia. The Editorial Team makes every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: here
After filling in the statement letter, please attach it as the supplementary file submission or send via e-mail: [email protected]