ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PADA MEDIA TV TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX
DOI:
https://doi.org/10.46961/jip.v10i1.490Keywords:
Evektivitas Iklan, Iklan TV, Bauran Pemasaran Dan Keputusan Pembelian.Abstract
Industri sepeda motor adalah industri yang berkembang pesat di Indonesia, dikarenakan sepeda motor adalah kendaraan yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama sepeda motor berjenis scooter matic dikarenakan praktis dalam penggunaannya. Yamaha Nmax merupakan produk sepeda motor scooter matic keluaran Yamaha yang paling laris saat ini padahal Yamaha Nmax bukanlah produk termurah yang dijual oleh Yamaha. Sejak pertama kali peluncuran Yamaha Nmax, Yamaha sudah menggunakan berbagai media untuk beriklan salah satunya adalah tv. Sampai saat ini iklan terutama iklan pada media tv, masih dianggap sebagai media iklan yang efektiv. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui dan mengukur tingkat efektivitas Iklan tv terhadap keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax dengan menggunakan EPIC model hasil pengembangan A.C Nielsen. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian survey kuantitatif dengan menetapkan populasi yaitu para pemilik dan pengguna Yamaha Nmax yang ditetapkan berdasarkan perhitungan sampling sebanyak 91 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik koefisien korelasi dan koefsien regresi berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil perhitungan menunjukan kalau iklan tv cukup efektiv dan memiliki pengaruh sebesar 34,2% dalam mempengaruhi keputusan pembelian, serta saran yang diberikan yaitu : diharapkan agar Yamaha bisa lebih meningkatkan tingkat efektivitas dalam beriklan.
References
Achidah, N., & Hasiolan, M. M. W. Dan L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT. Journal Of Management, 2(2), 17 Halaman.
Aisi. (2019). Pangsa Pasar Sepeda Motor. Www.Aisi.Or.Id. Https://Www.Aisi.Or.Id/Statistic/
Ambar. (2018a). Teori Efektivitas Iklan – Pengertian – Metode. Pakarkomunikasi.Com. Https://Pakarkomunikasi.Com/Teori-Efektivitas-Iklan#:~:Text=Efektivitas Iklan Mengacu Pada Sejauh,Yang Sedang Dan Telah Dilakukan.
Ambar. (2018b). Teori Media Periklanan – Pengertian Dan Penjelasannya. Pakarkomunikasi.Com. Https://Pakarkomunikasi.Com/Teori-Media-Periklanan
Badan Pusat Statistik. (N.D.). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018. Https://Www.Bps.Go.Id/Linktabledinamis/View/Id/1133
Detik. (2017). 4 Alasan Sepeda Motor Banyak Digemari. Https://News.Detik.Com/Adv-Nhl-Detikcom/D-3670524/4-Alasan-Sepeda-Motor-Banyak-Digemari
Digital, H. (2021). Apa Itu Efektivitas Iklan. Https://Www.Hercodigital.Id/Apa-Itu-Efektivitas-Iklan/#:~:Text=Sebuah Iklan Dapat Dikatakan Efektif,Dari Sudut Pandang Yang Benar.
Hanindar, M. (2020). Respon Penonton Terhadap Product Placement Dalam Sinetron ( Studi Kasus Sinetron Dunia Terbalik ). Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 5(2), 1–14.
Hidayat, A. (2014a). Penjelasan Uji Validitas Instrumen Lengkap. Https://Www.Statistikian.Com/2012/10/Uji-Reliabilitas-Instrumen.Html
Hidayat, A. (2014b). Penjelasan Uji Reliabilitas Instrumen Lengkap. Https://Www.Statistikian.Com/2012/08/Uji-Validitas.Html
Hidayat, A. (2014c). Regresi Linear Sederhana Dengan SPSS. Https://Www.Statistikian.Com/2012/08/Regresi-Linear-Sederhana-Dengan-Spss.Html
Intan Lina Katrin, H.P Diyah Setyorini, M. (2015). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN JAVANA BISTRO BANDUNG. Jurnal Program Studi Manajemen, Keputusan Pembelian, 4.
Kautsar Ghaniyu Rakhman, Hari Susanto Nugroho, A. H. (2014). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BIORE MEN DI KOTA SEMARANG. Jurnal Studi Manajemen, Promosi Kualitas Produk, 250.
Kompasiana. (2017). Alasan Mengapa Motor Matik Lebih Banyak Dipilih Di Indonesia. Https://Www.Kompasiana.Com/Advertorial/58f59c811397730e0816228f/Alasan-Mengapa-Motor-Matik-Lebih-Banyak-Dipilih-Di-Indonesia
Morissan. (2012). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. In Periklanan (Prenamedia, P. 17).
Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.
Philip Kotler. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. In Advertising Book (Pp. 57–59). Erlangga.
Pratama, A. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal Of Communication Empowerment, 1(1), 16–30. Https://Doi.Org/10.33376/Ic.V1i1.354
Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Kompas Gramedia.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian. In Buku Metode Penelitian (P. 42). AlFabeta.
Sugiyono. (2017c). Metode Penelitian. In Buku Metode Penelitian (P. 80). Alfabeta.
Sugiyono. (2017d). Metode Penelitian. In Buku Metode Penelitian (P. 81). Alfabeta.
Sugiyono. (2017e). Metode Penelitian. Alfabeta.
Supriyati. (2012). Pengertian Objek Dan Metode Penelitian Menurut Para Ahli. Www.Kumpulanpengertian.Com. Https://Www.Kumpulanpengertian.Com/2019/12/Pengertian-Objek-Dan-Metode-Peneliti.Html
Suroto. (2016). Kelebihan Dan Kelemahan Iklan Televisi Sebagai Media Periklanan. Gomarketingstrategic.Com. Https://Www.Gomarketingstrategic.Com/Kelebihan-Dan-Kelemahan-Iklan-Televisi-Sebagai-Media-Periklanan/
Zhahir, B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Nmax (Studi Kasus Pada Dealer Yamaha Bahana Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(5), 146–154.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. will be allowed only with written permission from the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia.
Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia. The Editorial Team makes every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Ilmiah Publiprenuer and Politeknik Negeri Media Kreatif are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: here
After filling in the statement letter, please attach it as the supplementary file submission or send via e-mail: [email protected]