PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL UNTUK KALANGAN PELAJARAN DAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE LEAN UX

Authors

  • Hariyanto Hariyanto Universitas Trunojoyo, Indonesia
  • M.Imam Firdausi Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Saim Saim Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Nuriyah Nuriyah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Maimunah Maimunah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

Abstract

Olahraga merupakan bagian penting dari kehidupan pelajar dan mahasiswa, tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kerja sama tim. Futsal, sebagai salah satu olahraga populer di kalangan anak muda, telah menjadi pilihan favorit karena permainannya yang dinamis dan dapat dimainkan di lapangan yang lebih kecil dibandingkan sepak bola tradisional. Namun, akses terhadap fasilitas futsal yang memadai sering kali menjadi tantangan bagi pelajar dan mahasiswa, terutama karena keterbatasan waktu dan anggaran. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, solusi digital menjadi jawaban untuk mengatasi berbagai kendala dalam mengakses fasilitas olahraga. Platform penyewaan lapangan futsal berbasis digital muncul sebagai inovasi untuk memudahkan proses reservasi dan penggunaan fasilitas tersebut. Meski demikian, pengembangan platform ini harus benar-benar memahami kebutuhan dan preferensi pengguna yang merupakan pelajar dan mahasiswa. Di sinilah pendekatan Lean UX berperan penting. Lean UX, atau Lean User Experience, adalah metode yang menekankan pada kolaborasi antar tim dan keterlibatan langsung pengguna dalam proses pengembangan produk. Metode ini bertujuan untuk menciptakan produk yang lebih relevan dan efektif dengan cara mengurangi pemborosan waktu dan sumber daya melalui iterasi yang cepat dan umpan balik yang kontinu dari pengguna. Data ini di dapat melalui pendekatan secara masif dan berskala terhadap pemilik pengusaha yang bergerak di bidang penyewaan lapangan futsal. Penelitian ini menggunakan metode research & development dengan hasil ini berupa produk pengembangan.  Kata Kunci : Perancangan,Penyewaan,UI/UYX,lean UX,Aplikasi,  

Author Biographies

Hariyanto Hariyanto, Universitas Trunojoyo

Pendidikan Informatika

M.Imam Firdausi, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Informatika

Saim Saim, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Informatika

Nuriyah Nuriyah, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Informatika

Maimunah Maimunah, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Informatika

References

DAFTAR PUSTAKA

L. Aji Yoga Pratama et al., “Perancangan User Interface Aplikasi Pemesanan Gor Online (Gornesia),” J. Innov. Futur. Technol. P-ISSN, vol. 4, no. 2, pp. 2656–1719, 2022.

M. R. Nabawi, F. Wulandari, N. Safaat, and T. Darmizal, “Penerapan Desain UI / UX Pada Aplikasi Buku Kas Laundry Menggunakan Metode Lean Ux,” vol. 5, no. 3, pp. 862–872, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i3.5082.

F. N. Fauzi and A. Sujarwo, “Rancang Bangun UI/UX Aplikasi Nestify untuk Manajemen Rumah Kos dengan Metode Lean UX,” JoMMiT J. Multi Media dan IT, vol. 7, no. 2, pp. 116–123, 2023, doi: 10.46961/jommit.v7i2.955.

M. O. Nugroho and A. B. Cahyono, “Perancangan Ui/Ux Digital Signage Untuk Peningkatan Akses Informasi Di Fakultas Teknologi Industri Uii,” EDUSAINTEK J. Pendidikan, Sains dan Teknol., vol. 11, no. 2, pp. 445–462, 2023, doi: 10.47668/edusaintek.v11i2.1037.

A. Sapitri, M. W. Saputra, M. A. Putri, and Y. Efendi, “Redesign Aplikasi M-Banking Metode Lean UX Dengan Pengujian A/B Testing (Studi Kasus BSI),” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, pp. 112–124, 2023, doi: 10.33372/stn.v9i2.1038.

A. Rafiq and B. Suranto, “Perancangan Ulang Desain UI/UX Website Klinik Piramida Jaya Dengan Metode Lean UX,” Automata, pp. 1–8, 2023.

N. Hakima, P. A. Pitria, and A. Salim, “Aplikasi Panduan Gizi Seimbang Berbasis Mobile Dengan Metode Lean Ux,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 21–32, 2023, doi: 10.24176/sitech.v6i1.9289.

Novialdi T, Reski Mai Candra, Muhammad Affandes, and Pizaini, “Desain Aplikasi Pencarian Jasa Fotografer (Capturar) dengan Menggunakan Metode Lean UX,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 1, pp. 32–43, 2023, doi: 10.33372/stn.v9i1.939.

R. Mayasari, A. Susilo Yuda Irawan, and U. Singaperbangsa Karawang, “Penerapan Metode Lean Ux Pada Perancangan Ui/Ux Aplikasi Digilib Unsika Versi Windows Implementation of Lean Ux Method on Ui/Ux Design of Digilib Unsika Application in Windows Version,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, p. 2021, 2021.

S. M. Puspita, “Perancangan UI/UX Aplikasi Smart Farming Pandailadang DenganMetode Lean UX Berbasis Mobile Pada Desa Bringinbendo,” Jupiter Publ. Ilmu Keteknikan Ind. Tek. Elektro dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 136–147, 2024.

Fahreo Iddo Putera Dewangga, Prisa Marga Kusumantara, and Dhian Satria Yudha Kartika, “Perancangan Ulang UI/UX Website Sistem Informasi Akademik Pada Universitas XYZ Menggunakan Metode Lean UX,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 21–32, 2023, doi: 10.55606/juisik.v3i3.621.

M. Winardi, A. Muawwal, and Renny, “Redesign Ui/Ux Pada Aplikasi Bca Mobile Menggunakan Metode Lean Ux,” KHARISMA Tech, vol. 19, no. 1, pp. 153–167, 2023, doi: 10.55645/kharismatech.v19i1.444.

M. A. Rifki and K. Haryono, “Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Menghafal Quran berbasis Mobile menggunakan Lean UX,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 139–153, 2022.

J. N. M. Iyan, M. Rizki, and S. Eiva Fathda, “Penerapan UI/UX Jahit Buk Las di Kota Pekanbaru Menggunakan Metode Lean UX,” J. Tika, vol. 8, no. 3, pp. 206–215, 2024, doi: 10.51179/tika.v8i3.2355.

Lintang Aji Yoga Pratama1, Sis Churin Ien Aulia2, Galih Imam Suwarso3 "Perancangan User Interface Aplikasi Pemesanan Gor Online (Gornesia)" Jurnal Innovation And Future Technology Vol. 4 No. 2 Tahun 2022 P-ISSN: 2656-1719 E-ISSN: 2656-2774

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Hariyanto, H., Firdausi, M., Saim, S., Nuriyah, N., & Maimunah, M. (2024). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL UNTUK KALANGAN PELAJARAN DAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE LEAN UX. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 8(1), 25–32. Retrieved from https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/article/view/1331

Citation Check