Perancangan Website E-Commerce Untuk Meningkatkan Efektivitas Promosi dan Penjualan Online Studi Kasus : PT. ABC

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46961/jommit.v8i2.1336

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah mengubah pandangan bisnis secara signifikan, terutama dalam sebuah e-commerce. PT. ABC merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri penjualan makanan seperti sebuah kedai, sehingga diperlukan meningkatkan efektivitas promosi dan penjualan online melalui perancangan ulang website e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah website e-commerce yang memadukan elemen desain yang menarik, fungsionalitas, serta strategi promosi yang efektif guna meningkatkan branding dan pemasaran PT. ABC. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup survei, wawancara, dan analisis kompetitor untuk memahami kebutuhan pengguna dan tren industri saat ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan efektivitas promosi dan penjualan online memerlukan integrasi strategis antara tiga elemen utama, yaitu desain yang menarik dan responsif, fungsionalitas yang intuitif dan user friendly, serta strategi promosi yang tepat sasaran dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, sebuah rancangan website e-commerce, yang menggabungkan beberapa elemen, dengan fokus pada user experience yang menarik dan proses pembelian yang mudah. Penerapan rancangan ini ke depannya dapat meningkatkan visibilitas branding, mengoptimalkan pengalaman pengguna, dan meningkatkan penjualan secara signifikan bagi PT. ABC.

Author Biography

Yuniana Cahyaningrum, Institut Seni Indonesia Surakarta

Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta

References

D. Tolstoy, E. Rovira, and U. Vu, “The indirect effect of online marketing capabilities on the international performance of e-commerce SMEs,” Int. Bus. Rev., vol. 31, no. 3, p. 101946, 2022, doi: 10.1016/j.ibusrev.2021.101946.

G. M. Rafsyanjani and A. N. Fauzi, “PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS WEBSITE PADA UMKM ANEKA BATIK,” Apl. Bisnis, vol. 8, no. 1, p. E-ISSN: 2407-5523 ISSN: 2407-3741, 2022.

Y. Cahyaningrum, “Pengembangan Website E-Commerce untuk Meningkatkan Efektivitas Media Promosi dan Penjualan Online,” vol. 2, no. 1, pp. 29–35, 2024.

D. Yuniana Cahyaningrum, Yutika Amelia Effendi, Asrul Sani, I Kadek Arya Sugianta, Ari Cahaya Puspitaningrum, IT Governance. 2007.

F. S. Yuniana Cahyaningrum, Dian Ratna Puspananda, Boedy Irhadtanto, M. Zainudin, Fajar Adi Saputra, “PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE WIX UNTUK UMKM,” vol. 1, no. 02, pp. 80–84, 2023.

D. Asrul Sani, Yuniana Cahyaningrum, Cosmas Eko S, Yutika Amelia E, < Robihul, Irwan Adhi P, Pembangunan Smart City (Pendekatan Integrasi Teknologi Informasi), vol. 4, no. 1. 2017.

D. Miharja, “PENERAPAN E-COMMERCE PADA INDUSTRI RUMAHAN TOKO MEBEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN,” vol. 3, no. 4, 2023.

D. Prihadi, Y. Mulyana, P. S. Manajemen, F. Ekonomi, D. Bisnis, and U. Pancasakti, “Efektivitas E-Commerce dan Media Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perdagangan Pasar Tradisional,” vol. XI, no. 1, pp. 31–40, 2019.

Y. S. Samuel, R. P. Juliansyach, and L. Cinthya, “Implementasi Strategi Digital Marketing melalui Social-Media untuk Meningkatkan Kinerja pada UMKM Kole-Koleh Anggraini di Kota Batam,” J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 370–384, 2023.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Cahyaningrum, Y. (2024). Perancangan Website E-Commerce Untuk Meningkatkan Efektivitas Promosi dan Penjualan Online Studi Kasus : PT. ABC. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 8(2), 081–088. https://doi.org/10.46961/jommit.v8i2.1336

Citation Check