Analisis Segmentasi Sentra Wisata Kuliner untuk Optimalisasi Omzet UMKM di Surabaya Menggunakan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering

Data Mining

Authors

  • Nabilah Selayanti Program Studi Sains Data Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Indonesia
  • Shafira Amanda Putri Program Studi Sains Data Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Indonesia
  • Tresna Maulana Fahrudin Program Studi Sains Data Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-9895-2442

DOI:

https://doi.org/10.46961/jommit.v8i2.1351

Abstract

Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu peranan yang dominan dalam struktur perekonomian Indonesia. UMKM menghadapi tantangan dalam hal keragaman karakteristik dan kondisi usaha yang berbeda-beda, salah satunya adalah Sentra Wisata Kuliner (SWK). Meskipun banyak SWK terletak di lokasi strategis dengan fasilitas yang memadai, mereka belum memberikan pendapatan optimal bagi para pelaku usaha. Pada penelitian ini dilakukan analisis pengelompokan SWK Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota Surabaya Tujuannya adalah untuk mengelompokkan SWK berdasarkan kesamaan karakteristik seperti luas sentra, kapasitas, jumlah pelaku usaha, dan produktivitas menggunakan metode Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC). Setelah melalui tahapan pra-pemrosesan data, penentuan metode cluster terbaik menggunakan korelasi cophenetic, dan validasi jumlah cluster optimal dengan silhouette coefficient, diperoleh hasil pengelompokan yang membagi SWK menjadi 3 cluster berdasarkan pengukuran jarak menggunakan single linkage, average linkage, complete linkage, dan ward linkage. Complete linkage memberikan performa yang baik yakni nilai cophenetic sebesar 0.8734 dan nilai silhouette coefficient sebesar 0.4864. Interpretasi cluster yang didapatkan yakni cluster 1 menunjukkan stabilitas dan aktivitas ekonomi tinggi, cluster 2 mencakup mencakup sentra yang kurang berkembang, dan cluster 3 menunjukkan karakteristik sebagai pusat-pusat usaha yang sangat besar dan berhasil. Hasil pengelompokan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang strategi dan program pengembangan UMKM secara lebih efektif dan berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Selayanti, N., Putri, S. A., & Fahrudin, T. M. (2025). Analisis Segmentasi Sentra Wisata Kuliner untuk Optimalisasi Omzet UMKM di Surabaya Menggunakan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering: Data Mining. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.46961/jommit.v8i2.1351

Citation Check