Inovasi Aplikasi Mobile Miqra'u untuk Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam Anak Menggunakan Pendekatan Prototipe
DOI:
https://doi.org/10.46961/jommit.v8i2.1465Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk di sektor pendidikan khususnya pembelajaran agama Islam untuk anak. Meskipun terdapat banyak metode pembelajaran, masih terdapat tantangan dalam menyampaikan materi yang menarik dan interaktif bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang inovasi aplikasi mobile Miqra’u yang diambil dari Bahasa Arab artinya tempat membaca guna meningkatkan pembelajaran agama Islam dengan pendekatan pengembangan prototipe menggunakan Unified Modeling Language (UML). Metode ini dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, dan pengujian prototipe. Dalam penelitian ini, analisis kebutuhan dilakukan dengan melibatkan orang tua untuk memahami kebutuhan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak. Selanjutnya, perancangan aplikasi dilakukan menggunakan diagram UML, yang mencakup use case, activity, dan sequence diagrams untuk menggambarkan interaksi pengguna dengan aplikasi. Pembahasan menunjukkan bahwa pendekatan prototipe memberikan fleksibilitas dalam perbaikan dan pengembangan aplikasi berdasarkan umpan balik pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa aplikasi mobile Miqra'u yang dirancang dengan pendekatan prototipe dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jommit : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License