Inovasi Aplikasi Mobile Miqra'u untuk Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam Anak Menggunakan Pendekatan Prototipe

Authors

  • Raysha Anjani Laemang Universitas Mulia, Indonesia
  • Yusuf Wibisono Universitas Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/jommit.v8i2.1465

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk di sektor pendidikan khususnya pembelajaran agama Islam untuk anak. Meskipun terdapat banyak metode pembelajaran, masih terdapat tantangan dalam menyampaikan materi yang menarik dan interaktif bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang inovasi aplikasi mobile Miqra’u yang diambil dari Bahasa Arab artinya tempat membaca guna meningkatkan pembelajaran agama Islam dengan pendekatan pengembangan prototipe menggunakan Unified Modeling Language (UML). Metode ini dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, dan pengujian prototipe. Dalam penelitian ini, analisis kebutuhan dilakukan dengan melibatkan orang tua untuk memahami kebutuhan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak. Selanjutnya, perancangan aplikasi dilakukan menggunakan diagram UML, yang mencakup use case, activity, dan sequence diagrams untuk menggambarkan interaksi pengguna dengan aplikasi. Pembahasan menunjukkan bahwa pendekatan prototipe memberikan fleksibilitas dalam perbaikan dan pengembangan aplikasi berdasarkan umpan balik pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa aplikasi mobile Miqra'u yang dirancang dengan pendekatan prototipe dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam anak.

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Raysha Anjani Laemang, & Wibisono, Y. (2025). Inovasi Aplikasi Mobile Miqra’u untuk Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam Anak Menggunakan Pendekatan Prototipe. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 8(2), 145–151. https://doi.org/10.46961/jommit.v8i2.1465

Citation Check