Perancangan Media Pembelajaran Fiqih Thaharah Menggunakan Metode MDLC
Perancangan Media Pembelajaran Fiqih Thaharah Menggunakan Metode MDLC
DOI:
https://doi.org/10.46961/jommit.v9i1.1599Abstract
Pembelajaran di SMP Islam Semesta Khatulistiwa masih mengandalkan buku dan modul sebagai media utama. Namun, pendekatan ini kurang efektif dalam membantu peserta didik memahami materi, terutama pada mata pelajaran Fiqih, khususnya materi Thaharah yang membutuhkan visualisasi lebih mendalam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi yang dirancang menggunakan Adobe Animate dan ActionScript 3.0. Pengembangan media pembelajaran ini menerapkan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Aplikasi yang dihasilkan memiliki beberapa fitur utama, seperti halaman utama dengan capaian pembelajaran, materi yang didukung oleh animasi dan audio penjelasan, serta menu kuis dan ujian untuk menguji pemahaman peserta didik. Pengujian dilakukan menggunakan metode pengujian kotak hitam untuk memastikan setiap fitur berfungsi sesuai dengan yang diharapkan serta memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, juga dilakukan uji penerimaan pengguna menggunakan kuesioner berbasis Skala Likert digunakan yang diberikan kepada guru dan peserta didik guna mengukur tingkat kepuasan serta efektivitas media pembelajaran ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi ini mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Thaharah, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jommit : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License