Perancangan Media Penjualan Produk Pada Toko Tina Tailor Berbasis Mobile Web

Larasati Lugi Aryaningsih, Sari Setyaning Tyas, Rudy Cahyadi

Abstract


Salah satu aktivitas yang menggunakan media internet dalam mengembangkan penjualannya yaitu dengan e-commerce, sama halnya dengan bisnis online. Lain halnya dengan Tina Tailor, belum mengoptimalkan penjualannya secara online dan media informasi pada Tina Tailor masih menggunakan perantara via WhatsApp. Solusi yang diberikan untuk permasalah pada toko Tina Tailor yaitu menambah media penjualan dengan sistem digitalisasi berbasis mobile website menggunakan WordPress dengan plugin WooCommerce. Metode perancangan sistem menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD) dan Unified Modeling Language (UML). Pengujian mobile web menggunakan metode black box untuk uji fungsional dan sebaran kuesioner untuk usability test. Hasil pengujian fungsionalitas memperlihatkan data masukan dengan hasil yang diinginkan telah selaras. Hasil pengujian kompatibilitas menunjukan hasil kecepatan yang baik. Hasil pengujian usability mobile web Tina Tailor mencapai 92.36% menunjukan bahwa mobile web Tina Tailor sangat layak digunakan oleh pengguna sebagai media penjualan.


Full Text:

PDF

References


S. Kemp, “Digital 2020: Global Digital Overview,†Https://Wearesocial.Com/Blog/2020/01/Digital-2020- 3-8-Billion-People-Use-Social-Media, 2020.

M. D. S. Ananda and I. Novita, “Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis Website Pada Toko Kencana Ayu,†Idealis, pp. 28–32, 2015, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/articl e/view/2727/1106.

A. Mutiarasari, “IMPLEMENTASI BISNIS ONLINE SYARIAH MELALUI E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI YUKSHIJAB PASURUAN,†Αγαη, vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.

R. M. A. Wardani and A. Meyliana, “Perancangan Website Sebagai Media Penjualan Online Kain Shibori,†Speed - Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 10, no. 4, pp. 104–110, 2018, [Online]. Available: http://speed.web.id/ejournal/index.php/speed/article/vie w/405/398.

B. Usmanto, R. Immawan, Fauzi, K. P. Sari, and M. I. Mahdi, “Implementasi Web Mobile Sebagai Mediainformasi Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pirngadi,†J. Keteknikan dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 32– 40, 2018, [Online]. Available: http://journal.unhas.ac.id/index.php/juteks/article/view/ 4296.“Mobile Web Development.†2016.

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor)




DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v5i2.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.