Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Layanan Pengiriman
DOI:
https://doi.org/10.46961/jommit.v6i1.524Abstract
Pelayanan yang berkualitas akan memberikan kepuasan dan meningkatkan loyalitas bagi para pelanggan, bagi perusahaan kualitas layanan menjadi salah satu indikator untuk dapat bersaing dan mempertahankan eksistensi perusahan khususnya pada jasa layanan pengiriman barang yang semakin berkembang. Klasifikasi kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh jasa layanan pengiriman menggunakan algoritma C4.5 dengan konsep dasar dari pohon keputusan yaitu mengubah data menjadi sebuah model pohon keputusan, menjadi rule dan menyederhanakan rule. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model klasifikasi pohon keputusan dengan menganalisa kepuasan pelanggan PT. JNE Agen Arcadia. Hasil dari penelitian ini yaitu pelanggan merasa puas terhadap indikator Bukti Fisik, Keandalan, dan Jaminan. Sedangkan Empati dan ketanggapan menjadi indikator kelemahan pelayanan. Hasil penelitian ini Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh PT.JNE Agen Arcadia untuk melakukan evaluasi terhadap pelayanan khususnya indikator empati dan ketanggapan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jommit : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License