Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Layanan Pengiriman

Authors

  • Destalmawati Telaumbanua
  • Ika Kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.46961/jommit.v6i1.524

Abstract

Pelayanan yang berkualitas akan memberikan kepuasan dan meningkatkan loyalitas bagi para pelanggan, bagi perusahaan kualitas layanan menjadi salah satu indikator untuk dapat bersaing dan mempertahankan eksistensi perusahan khususnya pada jasa layanan  pengiriman barang yang semakin berkembang. Klasifikasi kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh jasa layanan pengiriman menggunakan algoritma C4.5 dengan konsep dasar dari pohon keputusan yaitu mengubah data menjadi sebuah model pohon keputusan, menjadi rule dan menyederhanakan rule. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model klasifikasi pohon keputusan dengan menganalisa kepuasan pelanggan PT. JNE Agen  Arcadia. Hasil dari penelitian ini yaitu  pelanggan merasa puas terhadap indikator Bukti Fisik, Keandalan, dan Jaminan. Sedangkan Empati dan ketanggapan menjadi indikator kelemahan pelayanan. Hasil penelitian ini  Hasil penelitian ini  dapat dijadikan referensi oleh  PT.JNE Agen  Arcadia untuk melakukan evaluasi terhadap pelayanan khususnya indikator empati dan ketanggapan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Downloads

Published

2022-07-24

How to Cite

Telaumbanua, D., & Kurniawati, I. (2022). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Layanan Pengiriman. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 6(1). https://doi.org/10.46961/jommit.v6i1.524

Citation Check