RANCANG BANGUN APLIKASI FOOD COSTING BERBASIS MOBILE APPS

Anindita Budi Astuti, Nofiandri Setyasmara

Abstract


Kesulitan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha dalam industry F&B ketika hendak memproduksi makanan salah satunya ialah menghitung biaya produksi. Penggunaan metode manual dalam menghitung biaya produksi seringkali mengakibatkan pelaku usaha F&B berkutat untuk menentukan secara tepat biaya pembelian bahan baku, sehingga banyak sisa bahan yang terbuang percuma atau tidak terpakai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penerapan aplikasi Hybrid menggunakan Framework Ionic dan Angular, yang dapat dijalankan pada sistem operasi yang berbeda, untuk menghasilkan efisiensi di dalam proses pembuatan aplikasi Foodcost UMKM berbasis mobile. Hasil penelitian yang diperoleh untuk merancangbangun aplikasi foodcost UMKM agar dapat digunakan sebagai dasar penentuan harga jual produk F&B maka dibutuhkan input data berupa detail resep yang meliputi informasi tentang detail bahan seperti bahan makanan, kuantitas bahan, berat beli yang akan digunakan untuk menentukan biaya resep, porsi resep, biaya tambahan, serta persentase food cost.


Full Text:

PDF

References


H. Santoso, Membangun Aplikasi Mobile dengan Progressive Web App. Yogyakarta: Penerbit Lokomedia, 2019, pp.21.

Jurnal

L. Ariyanti, M.N.D. Satria, and D. Alita, “Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2020.

R. Sari, F. Hamidy, and S. Suaidah, “Sistem Informasi Akuntansi Perhitungan Harga Pokok Produksi pada Konveksi SJM Bandar Lampung,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 65–73, 2021.

S. Yolanda and N. Neneng, “Rancang Bangun Sistem Informasi untuk Perhitungan Biaya Sewa Kontainer Pada PT Java Sarana Mitra Sejati,” Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntuntasi, vol. 1, no. 1, pp. 24–34, 2021.

Y.I Mukti, D. Puspita, “Sistem Informasi Peringatan Dini Bencana pada Alam Berbasis Mobile”, Jurnal Sistem Komputer Musirawas, vol.04, no.02, pp.65-74, 2019.

N.K.C. Dewi, I.B.G. Anandita, K.J Atmaja, P.W. Aditama,”Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android”. Jurnal Science and Information Technology, vol.01, no.02, pp.100-107, 2018.

D. Gantina, A. Swantari, F.H Habibie,”Pelatihan Perhitungan Harga Jual dan Harga Pokok Makanan di Desa Bungaraya-Siak, Riau”, Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, vol.1, no.1, pp.21-25, 2019

I.M.K. Wijaya, and N.L.P.S Widhiastuty, “ Pengendalian Food Cost oleh Cost Controller Pada Papillon Echo Beach Canggu,” Journal of Tourism and Interdisciplinary Studies, vol.1, no.2, pp.82-92, 2021

I. Mirza, "Pengenalan Google Firebase Untuk Hybrid Mobile Apps Berbasis Cordova." Jurnal IT CIDA Vol. 3, No. 1, pp.16-29, 2018.




DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v6i2.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.