Pengenalan Budaya Seni Kuliner Gulo Puan Daerah Palembang Melalui Video Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.46961/jommit.v6i2.639Abstract
Saat ini banyak dari kita tidak memperhatikan budaya lokal yang berada di daerah, entah itu daerah sendiri atau daerah diluar yang kita tempati, apalagi untuk soal Seni Kuliner itu sendiri. Kita bahkan hanya mengetahui beberapa budaya lokal yang sering dijumpai banyak orang, bahkan ada budaya lokal yang sudah ada sejak lama namun tidak diketahui oleh kita. Terlebih lagi modernisasi saat ini, mengakibatkan tergesernya budaya lokal yang mengakibatkan terlupakanya budaya lokal. Seperti Kota Palembang yang lebih dikenal dengan Jembatan Ampera, Sungai Musi, dan Pempek. Dan bila kita telusuri budaya lokal Palembang itu sangat menarik. Seperti Gulo Puan, makanan khas Palembang yang dulunya adalah makanan para bangsawan dan kini mulai terlupakan. Untuk mencapai tujuan mengenalkan budaya Seni Kuliner Daerah Palembang ini metode yang akan digunakan adalah studi Pustaka. Serta akan dipadukan dengan Video Interaktif berbasis aplikasi Android. Dengan dibuatnya Video Interaktif ini diharapkan masyarakat menjadi memahami budaya lokal Palembang lebih dalam.
References
Surjono, H.D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan, Yogyakarta: Kampus UNY Karangmalang Yogyakarta.
Ernatip. (2012). Makanan Tradisional Palembang : Kajian Fungsi dan Nilai Budaya, Sumatera Barat: BPSNT Padang Press.
Sugihamretha,I.D.G. (2020). The Indonesian Journal of Development Planning, Volume 4, 2, 193-196.
Ningrum, D.P. & Arrianie,L. (2019). Potensi Wisata Kuliner Pempek Di Era Digital Dalam Membangun Ikon Kota Palembang, 187.
Sartika, D., Imelda Saluza, I., Roswaty. (2019). Branding Produk Gulo Puan dan Produk Inovasi Gulo Puan (Puan Candy) Sebagai Makanan Khas Palembang dari Ogan Komering Ilir (OKI), 213.
Apriansyah, M.D., Sambowo, K.A., Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi, 11.
Pangestu, R. (2020). Perancangan Penjenamaan Visual Destinasi Wisata Gastronomi “Guwan” Gulo Puan Di Kecamatan Pampangan Sumatera Selatan. Hal 2-5.
Purnama, N.K.F. (2019). Pengaruh Presentation Modality Dan Food Claim Pada Iklan Ethnic Food Indonesia Terhadap Food Attractiveness, Taste Expectation Dan Purchase Intention Dengan Variable Moderasi Food Neophobia, 2.
Satriansyah, M.E. (2016). Penggunaan Media Interaktif Pada Pembelajaran Konsep Usaha Dan Energi Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh. 2.
Wardani, R.T. & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia, Volume 2, 2, 373.
Muslimah, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Room Service Mata Pelajaran Tata Hidang Di SMK N 1 Sewon. Hal 19.
Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan. (2021). Perkembangan Pariwisata Sumatera Selatan. Januari 2021 (No.16/03/16 Th.XXIII, 1 Maret 2021) Palembang.
Kementrian Pariwisata. (2018). Desain Strategi Dan Rencana Aksi Pengembangan Destinasi Wisata Kuliner Dan Belanja.Palembang.
Kemenparekraf. (2018). News: Beragram Kuliner Palembang Yang Wajib Dicicipi Saat Asian Games. Diakses pada https://kemenparekraf.go.id/berita/News- %3A- Beragam-Kuliner-Palembang-Yang-Wajib- Dicicipi- Saat-Asian-Games
Polsri Repository. (2016). Diakses pada http://eprints.polsri.ac.id/5596/3/BAB%20II.pdf
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang. Sejarah Kota Palembang. Diakses pada https://palembang.go.id/new/beranda/sejarah
Dessy Astuti. (2020). Hampir Punah, Inilah Gulo Puan Kudapan Para Bangsawan Palembang. Diakses pada https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/02/10/h ampir-punah-inilah-gulo-puan-kudapan- para-bangsawan-palembang
Urban.id. (2019). 4 Kuliner Khas Palembang Yang Terancam Punah. Diakses pada https://kumparan.com/urbanid/4-kuliner-khas- palembang-yang-terancam-punah- 1550309895647484923
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jommit : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License