Pengembangan Sistem Booking Online Pada Cokro Barbershop Berbasis Website

Tri Ika Jaya Kusumawati

Abstract


Perawatan rambut menjadi salah satu faktor utama penampilan yang kerap diperhatikan oleh kaum pria. Hal ini semakin diperkuat dengan meningkatnya bisnis salon khusus pria atau yang biasa dikenal dengan istilah barbershop. Permasalahannya adalah ketika banyaknya pelanggan yang datang, terjadi antrian yang tidak bisa dihindari. Hal ini disebabkan karena pelanggan tidak mengetahui waktu pelayanan, proses inilah yang menyebabkan terjadinya antrian. Penelitian  ini, menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) yang digunakan sebagai sarana perancangan sistem berorientasi objek. Dan menggunakan metode waterfall karena salah satu metode pengembangan sistem informasi yang bersifat sistematis dan sekuensial, dengan tahapan Analisis, Desain, Coding, Testing, Maintenance. Pada penelitian yang dilakukan pada Cokro Barbershop menghasilkan sebuah rancangan aplikasi berbasis website yang di dalamnya terdapat fitur booking yang dapat digunakan oleh konsumen untuk mendapatkan antrean (booking) dan mendapatkan layanan yang tersedia di barbershop. Dengan adanya aplikasi booking di Cokro Barbershop mempermudah proses pelayanan terhadap konsumen serta dapat digunakan sebagai acuan untuk pemilik barbershop dalam mengembangkan usahanya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa aplikasi booking dan transaksi pada Cokro Barbershop memudahkan pelanggan dalam melakukan booking potong rambut secara online.


Full Text:

PDF PDF

References


H. Julianto Veri, Utomo setyo Hendrik, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Bank Sampah Studi Kasus Pada Bank Sampah Panggung Berseri (BSPB),” J. RESTI, vol. 1, no. 10, pp. 9–12, 2019.

L. L. Aryaningsih, S. S. Tyas, and R. Cahyadi, “Perancangan Media Penjualan Produk Pada Toko Tina Tailor Berbasis Mobile Web,” J. Multi Media dan IT, vol. 5, no. 2, pp. 1–7, 2021, doi: 10.46961/jommit.v5i2.456.

P. Sidiarta, A. Agung, A. Putri, I. G. Juliana, and E. Putra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web,” J. Teknol. Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, 2018.

B. Durroh, M. Y. Daud, and J. H. Purba, “Analysis of Quality Control of Tea Products Using the Fishbone Diagram Approach at Pt Candi Loka, Indonesia,” Asian J. Res. Crop Sci., vol. 8, no. 1, pp. 16–24, 2023, doi: 10.9734/ajrcs/2023/v8i1154.

I. N. Ghifari and H. Setiaji, “Pengembangan Portal Manasik Haji Pada Website Islamic Vibes,” JoMMiT J. Multi Media dan IT, vol. 6, no. 1, 2022, doi: 10.46961/jommit.v6i1.555.

J. N. Novi Miliana, Muammad Rijalus Sholihin, “PEMANFAATAN WEBSITE DAN MARKETPLACE TERPADU UNTUK MENINGKATKAN POTENSI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KABUPATEN LUMAJANG,” Pros. 4th Semin. Nas. dan Call Pap. Fak. Ekon. Univ. Muhammadiyah Jember, pp. 161–167, 2018.




DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v7i1.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.