Perancangan dan Analisis Hasil Rancangan Video Cinematic untuk Media Promosi Kafe X

Yusnia Sinambela, Juwairiah Juwairiah, Nurianti Sitorus, Efrizal Siregar

Abstract


Perkembangan dunia usaha semakin maju dan segala sesuatunya semakin terikat dengan sosial media. Saat ini, berada pada era media publikasi terjadi perubahan karena inovasi dimana publikasi cetak seperti spanduk dan baliho bergeser menjadi postingan di sosial media seperti Instagram, Facebook, Twiter hingga Tiktok. Kafe X yang telah berdiri sejak 2020 dengan bangunan semi permanen, dan mulai dikunjungi oleh konsumen baik konsumen dari luar daerah maupun lokal tetapi masih dalam jumlah yang minim. Hal ini dikarenakan lokasi jauh dari pusat kota dan kurangnya pengenalan tentang Kafe  tersebut. Dengan rancangan video iklan ini diharapkan dapat mengenalkan Kafe X kepada masyarakat luas, baik di dalam kota maupun luar kota yang nantinya sebagai tempat singgah bagi masyarakat. Proses pembuatan video untuk media sosial Kafe x melalui tiga tahapan yakni pra produksi yang meliputi persiapan, tahapan kedua yakni produksi meliputi pengerjaan pengambilan video dan pengeditan menggunakan aplikasi adobe premiere, tahapan ketiga pasca produksi adalah melakukan validasi dan evaluasi terhadap video. Berdasarkan evaluasi dengan metode kualitatif disimpulkan bahwa pemilik dan pakar sinematografi mengatakan bahwa video layak digunakan sebagai media promosi kafe x dan  evaluasi secara kuantitatif dengan memberikan kuesioner kepada 30 responden dengan persentae 52,67 % bahwa video menarik dan efektif dijadikan video promosi kafe x

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v7i1.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.