PENERAPAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE UNTUK EVALUASI SISTEM INFORMASI E-PROCUREMENT

Risma Andriyani, Ani Oktarini Sari

Abstract


Di era digital, perusahaan harus memiliki sistem informasi yang efektif dan efisien, dengan pengumpulan informasi sebagai prioritas. Hal ini termasuk menerapkan sistem informasi yang berguna dan efektif untuk semua bisnis. PT Asuransi Simas Jiwa merupakan salah satu perusahaan yang telah menerapkan sistem yang disebut Siji-Procurement, sebuah website e-procurement. Situs web ini dirancang untuk memfasilitasi proses pengadaan dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegunaan situs web Siji-Procurement dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). SUS merupakan metode pengumpulan data yang valid dan sahih secara statistik. Metode SUS juga dipakai untuk menilai seberapa efektif pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan situs web tersebut. Strategi SUS dirancang untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi situs web Siji-Procurement. Berdasarkan hasil pengujian SUS yang melibatkan 21 responden didapatkan nilai rata-rata 67,50 yang menunjukkan bahwa situs web tersebut masuk dalam kategori OK, dengan Net Promoter Score kategori passive, dan masuk dalam grade C. Kegunaan situs web dinilai melalui SUS, untuk memastikan bahwa situs web tersebut memenuhi persyaratan bisnis. Kesimpulan pada penelitian ini, perlu adanya peningkatan kualitas meliputi kemudahan dalam menggunakan website, kemudahan alur atau navigasi proses menjadi fokus perbaikan dan peningkatan agar kepuasan pengguna dapat tercapai lebih baik.


Full Text:

PDF

References


F. Tiyana and A. D. Manuputty, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Metode Ward And Peppard Dalam Penjualan Home Industri,” 2022.

Jusniati, A. Parawangi, and N. Wahid, “Efektivitas E-Procurement (Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik) Di Kabupaten Bone,” 2022. [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Ningrum Dewi, Rizal M, and Pratama N, “Proses Penyusunan Rencana Pengadaan Barang Dan Jasa Menggunakan Aplikasi Smile Di Pt Telekomunikasi Indonesia,” Proses Penyusunan Rencana Pengadaan Barang Dan Jasa Menggunakan Aplikasi Smile Di Pt Telekomunikasi Indonesia Tbk., vol. 1, 2023.

B. R. Grande, E. Krisnanik, and S. Afrizal, Analisis UI/UX Website Visual Jalanan Dengan Metode User-Centered Design. 2021.

H. Aly Baziyad, H. Tolle, and R. I. Rokhmawati, “Perancangan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Antrean Rumah Sakit menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: RSUD 45 Kuningan),” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. Evi, F. Agus, and F. Yanto, “Analisis User Experience (Ux) Fitur Marketplace Facebook,” 2020.

S. Qanita and S. M. Mardiananingrum, “Pertanggung Jawaban Hukum Terhadap Perjanjian Asuransi Kendaraan Bermotor Akibat Hilangnya Objek Pertanggungan,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023.

I. Mahardhika, H. Kusumawardhana, N. Hendrakusma Wardani, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

Sugiono, Noerdjanah, and A. Wahyu, “Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation,” 2020.

Herawati and B. Husaini, “Hubungan Iklim Sekolah Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Rikit Gaib,” Journal of Education Science (JES), 2021.

S. Salaputa, E. A. W. Manuputty, and K. Lussy, “Pengaruh Peran Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Bagian Biro Umum Kantor Gubernur Maluku.,” Jurnal Administrasi Terapan, vol. 2, 2023.

A. S. Utami and M. Kadafi, “Analisis User Interface pada Aplikasi Sumeks.co Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” 2020.

E. Kurniawan, A. Nata, and S. Royal, “Penerapan System Usability Scale (Sus) Dalam Pengukuran Kebergunaan Website Program Studi Di STMIK Royal,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id

S. Kurnia Dewi, A. Sudaryanto, P. Studi Keperawatan, U. Muhammadiyah Surakarta, and K. Komunitas, “Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah,” 2020.




DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v7i2.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.