Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Kerusakan Integrated Circuit (IC) Pada iPhone Dengan Metode Forward Chaining

Sri Kurniasih, Kaniza Alifia, Tri Ramdhany

Abstract


iPhone adalah pioneer teknologi dari smartphone. iPhone merupakan salah satu produk dari Apple dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang dimanufaktur sendiri. Saat ini, Apple belum memiliki gerai resmi yang mereka kelola langsung di Indonesia, sehingga perbaikan kerusakan diluar garansi masih ditangani oleh pihak lain selain Apple. Saat ini belum ada sistem terbuka yang dapat diakses guna mendiagnosis kerusakan pada iPhone. Para pengguna memutuskan untuk berkonsultasi secara online, namun konsultasi online tidak selalu memberikan hasil diagnosis dengan cepat karena Teknisi perlu menggali informasi lebih lanjut mengenai ciri-ciri kerusakan lainnya yang dialami pada iPhone pengguna, tanpa dapat melakukan proses checking secara langsung.

Penelitian ini membahas tentang penerapan sistem pakar sebagai media baru untuk mendiagnosis kerusakan Integrated Circuit (IC) pada iPhone, menggunakan metode inferensi Forward Chaining, dimana kerusakan akan ditelusuri dengan cara mengikuti setiap alur menuju kepada hasil diagnosis. Metode yang dipakai adalah Prototyping sebagai metode penelitian dan pengembangan perangkat lunak, melalui proses Communication, Quick Plan, Quick Design, Prototype Construction, dan Delivery & Feedback.

Aplikasi sistem pakar ini dirancang menggunakan pendekatan Object Oriented Programming (OOP), dan tools Unified Modelling Language (UML) dengan diagram Use Case, Activity, Class, Sequence, dan State. Aplikasi istem pakar dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, JavaScript, serta SQL. Berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan metode Black Box Testing, dan pengujian langsung dengan pengguna dan tempat service, hasil akhir penelitian ini adalah. sistem. pakar.yang.dirancang.menjadi aplikasi atau media online untuk para pengguna iPhone dalam melakukan diagnosa atau proses konsultasi kerusakan iPhone.

Kata Kunci: Forward Chaining, Sistem Pakar, Intergrated Circuit, Kerusakan iPhone

   

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v7i2.917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.