Pembuatan Background untuk Teaser Jingle Lembaga Bahasa LIA Berbasis Motion Graphic

Amata Fami, Nita Sundari, Kanaya Shabilla, Ananda Salma Athallah

Abstract


Background menjadi salah satu elemen visual yang penting untuk diperhatikan dalam pembuatan motion graphic. Untuk meningkatkan kualitas motion graphic, background harus dirancang dengan tepat sesuai dengan ide dan pesan yang ingin disampaikan. Penerapan teori pada pembuatan background dapat menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas background sebagai elemen visual. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pembuatan background dengan penerapan teori layout pada motion graphic teaser jingle Lembaga Bahasa LIA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode terapan dengan pendekatan teori layout menurut Surianto Rustan dan metode pengumpulan data dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembuatan background dengan penerapan teori layout yang sesuai dengan ide dan pesan yang ingin disampaikan serta implementasinya pada motion graphic.


Full Text:

PDF

References


Alfadila, Rifqy Mua’a., Thabrany, Susilawati., and Kusumantoro, HB Rudi. (2021). Penerapan Konsep Visual Pada Perancangan Desain Media Promosi Campaign Urban Farming PT. Villa Tani Indonesia. Politeknik Negeri Jakarta. https://repository.pnj.ac.id/3031/3/FULLPAPER%20-%20DG8B%20-%20RIFQY%20MU%27AFA%20ALFADILA.pdf

Astuti, Eka Rini Widya. (2021). Analisis Penerapan Prinsip Layout Pada Visual Konten Instagram Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan Tahun 2021. Jurnal Dimensi, 2(02). https://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/dimensi/article/view/46

Azahari, N. A., Ali, W. N., Yaakob, T. K., Manaf, A. R., and Yusoff, N. I. (2020). Used of Motion Graphics to Create Awareness on Handling Stress. Journal of Physics: Conference Series, 1529(2), 022002. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1529/2/022002

Dafrina, A., Fidyati, Abadi, F., and Lisa, N. P. (2022). Kajian Makna Ornamen Dan Makna Warna Ornamen Umah Pitu Ruang (Studi Kasus Umah Pitu Ruang Di Desa Kemili, Aceh Tengah). Arsitekno, 9(1), 1. https://doi.org/10.29103/arj.v9i1.6262

Kim, J.H., Lim, S.A., and Choi, H.H. (2014). Promotional Video Editing Techniques Utilizing Color. Advanced Science and Technology Letters. Life Science Journal, 11(7s), 476-480.

Lammi, Julia. (2021). Using 3D Graphics for 2D Animation Background Art. Bachelor's Thesis. Tampere University of Applied Sciences.

Maruta Gautama, N., Santosa, H., & Swandi, I. W. (2019). Pemanfaatan Warna Pada Poster Buku Cerita Bergambar Sejarah Pura Pulaki. Jurnal Desain, 7(1), 71. http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i01.3833

Narbuko, Cholid and Achmadi, Abu. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Paksi, Dedih N.F. (2021). Warna dalam Dunia Visual. Imaji: Film, Fotografi, Televisi, dan Media Baru, 12(2), 90-97. https://doi.org/10.52290/i.v12i2.49

Pamungkas, A.N.G., Rahmansyah, A., and Lionardi, A. (2022). Perancangan Background untuk Animasi 2D “Nara”. e-Proceeding of Art & Design, Vol.8, No.5.

Paramarta, C. B., and Kurniawan, R. A. (2023). Seni pertunjukan Ketoprak Sebagai Sumber Ide Perancangan background film Animasi Lakontara Pada Kompetisi gemastik XV Tahun 2022. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 4(1), 43–62. https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i1.5096

Ratnawati, Martina. (2020). Analisis Layout Desain Poster Solo International Performing Arts (Sipa) Tahun 2009-2018. Institut Seni Indonesia. http://repository.isi-ska.ac.id/4658/1/SKRIPSI%20MARTNA%20RATNAWATI.pdf

Revathy, C., Thamem, N., and Balaji, P. (2023). Role of Teaser Advertisements in Customer Purchase Decisions: An Empirical Investigation. The Online Journal of Distance Education and e-Learning 11, 2538-2547.

Rustan, Surianto, Huruf Font Tipografi Edisi 2020. (2020). Jakarta : CV. NulisBuku Jendela Dunia.

Sahda, Thalita S., Budiman, A., and Mario. (2021). Perancangan Background untuk Animasi 2D “Menjaga Rinjani”. e-Proceeding of Art & Design, Vol.8, No.3.

Santoso, P. Yoga. (2018). Transformasi Integrated Marketing Communication di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), 313-326. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/710/395

Sari, Dilla N., and Jupriani. (2022). Tinjauan Desain Pada Poster Film Animasi Nussa. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(4), 415-426. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/120031/pdf

Shir, M.F.D., and Asadollahi, Mostafa. (2014). The Role of Motion Graphics in Visual Communication. Indian Journal of Scientific Research, 7(1), 820-824. https://citeseerx.ist.psu.edu/

Siregar, Fairuz. (2017). Pembuatan Media Komunikasi Menggunakan Motion Graphic untuk Sosialisasi Job Family pada Bank Indonesia. Jurnal Desain, 4(03), 174-183. https://journal.lppmunindra.ac.id/

Sorongan, Claudia. (2019) Perancangan Desain Background Dalam Film Pendek Animasi 2D “The 5th Log”. Bachelor's Thesis. Universitas Telkom.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Trehan, Kulveen, and Maan, G.S. (2013). Uses and Functions of Teaser Campaigns in Advertising and Promotion: A Content Analysis of Newspaper and Television Advertisements in India. Journal of Mass Communication and Journalism. https://doi.org/10.4172/2165-7912.1000145

Wibowo, K.A., and Prabawani, B. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Jingle Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Sari Roti di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 713–725. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29758

Yudhana, B.D., and Gunawan, O.A. (2023). Peran Motion Graphic Pada Animasi Kok Bisa Sebagai Media Komunikasi Visual. Nivedana: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(1), 204-211.

Azizah, R. A., & Budiman, A. (2018). Perancangan Background Untuk Film Animasi Pendek 2D "Radio Malabar". E-Proceeding of Art & Design, 5(3), 1319–1325.

Kusumadinata, A.A., Ratnamulyani, I.A., and Nurmansyah, M.R. (2019). Hubungan Motion Graphic Sebagai Konten Promosi Sekolah Di Media Sosial. Communications 1(2), 77-90. https://doi.org/10.21009/Communications.1.2.4




DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v7i2.923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.