Game Design dalam proses Design Thinking, sebuah model pengembangan video game untuk menunjang pariwisata

Authors

  • Deddy Stevano H. Tobing Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46961/jommit.v7i2.940

Abstract

Artikel ini membahas mengenai pengaruh video game terhadap industri pariwisata. Video game telah menjadi media hiburan yang populer dan berkembang pesat di seluruh dunia. Artikel ini mengungkap bagaimana video game dapat mendorong pariwisata melalui pengalaman virtual yang mendalam, menjelajahi dunia fiksi dengan lanskap yang menakjubkan, dan mengenalkan budaya dan warisan sejarah dari berbagai daerah. Dubois dan Gibbs mengemukakan teori bahwa video game dapat mempengaruhi motivasi para turis dalam mengunjungi obyek wisata yang terkait dengan video game. Meskipun video game memiliki potensi dalam mempromosikan pariwisata, penelitian menunjukkan bahwa efektivitasnya masih rendah dibandingkan dengan media film atau cetak. Namun, pengembangan video game dengan tema pariwisata menawarkan peluang bagi pengembang game dan industri pariwisata. Dengan menggabungkan teknologi canggih dan kreativitas, video game dapat memberikan pengalaman edukatif, mempromosikan destinasi pariwisata, dan menciptakan nilai baru bagi para pemain. Penulis menawarkan kerangka kerja baru yang memadukan design thinking dengan game design sebagai pendekatan yang lebih efektif dalam mengembangkan video game yang mendorong pariwisata

Author Biography

Deddy Stevano H. Tobing, Politeknik Negeri Media Kreatif

Program Studi Teknologi Permainan

References

Adams, E. (2010). Fundementals of Game Design. In Pearson Prentice Hall.

Bahtiar, A. R., Segara, A. J. T., & Suyoto. (2020). Design of smart gamification in village tourism: An Indonesian case study. International Journal of Engineering Pedagogy, 10(1), 82–93. https://doi.org/10.3991/ijep.v10i1.11522

Berto, A. R., & Murwani, E. (2022). Sociocultural Information Gap in the Dive Tourism Industry: Evidence from Komodo National Park. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(1), 1. https://doi.org/10.31315/jik.v20i1.5062

Coghlan, A., & Carter, L. (2020). Serious games as interpretive tools in complex natural tourist attractions. Journal of Hospitality and Tourism Management, 42(xxxx), 258–265. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.01.010

Cozza, M., Isabella, S., Di Cuia, P., Cozza, A., Peluso, R., Cosentino, V., Barbieri, L., Muzzupappa, M., & Bruno, F. (2021). Dive in the past: A serious game to promote the underwater cultural heritage of the mediterranean sea. Heritage, 4(4), 4001–4016. https://doi.org/10.3390/heritage4040220

Dubois, L. E., & Gibbs, C. (2018). Video game–induced tourism: a new frontier for destination marketers. Tourism Review, 73(2), 186–198. https://doi.org/10.1108/TR-07-2017-0115

Dubois, L. E., Griffin, T., Gibbs, C., & Guttentag, D. (2021). The impact of video games on destination image. Current Issues in Tourism, 24(4), 554–566. https://doi.org/10.1080/13683500.2020.1724082

Huda, N., Rini, N., Muslikh, M., Hidayat, S., Takidah, E., Sari, D. P., & Husniyah, A. (2022). Strategic Model for Halal Tourism Development in Indonesia: A Preliminary Research. Indonesian Journal of Halal Research, 4(2), 53–64. https://doi.org/10.15575/ijhar.v4i2.11849

Idris, I., Adi, K. R., Firmansyah, R., Nadhianty, A., Mobaroq, M. H., Putri, P. G., Pratama, A. S., & Wahono, E. R. (2021). Developing smart tourism using virtual reality as a tourism promotion strategy in Indonesia. Geojournal of Tourism and Geosites, 35(2), 332–337. https://doi.org/10.30892/GTG.35210-656

Kemenparekraf. (2021). 5 Destinasi Super Prioritas. Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. https://info5dsp.kemenparekraf.go.id/

Kreatif, K. P. dan E. (2021). Alasan Menparekraf Fokus Kembangkan 5 Destinasi Super Prioritas. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Alasan-Menparekraf-Fokus-Kembangkan-5-Destinasi-Super-Prioritas

Lesmana, H., Sugiarto, S., Yosevina, C., & Widjojo, H. (2022). A Competitive Advantage Model for Indonesia’s Sustainable Tourism Destinations from Supply and Demand Side Perspectives. Sustainability (Switzerland), 14(24). https://doi.org/10.3390/su142416398

Lewrick, M., Link, P., & Leifer, L. (2020). The Design Thinking Toolbox. Wiley.

Mulller-Roterberg, C. (2020). Design Thinking for Dummies. Wiley.

Partners, N. (2022). White Paper, Game Tech: How Video Games are Seriously Changing the World.

Salen, K., & Zimmerman, E. (2004). Rules of Play - Game Design Fundamentals. In The MIT Press. Massachustts Institute of Technology. https://doi.org/10.1201/b17460

Shaheer, I. (2022). The nexus of video games and heritage attractions. Current Issues in Tourism, 25(9), 1356–1360. https://doi.org/10.1080/13683500.2021.1915254

Sihombing, L., & Manurung, D. (2021). Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2021.

Sutono, A., Tahir, S., Sumaryadi, S., Hernowo, A., & Rahtomo, W. (2021). The Implementation of Halal Tourism Ecosystem Model in Borobudur Temple as Tourism Area. Indonesian Journal of Halal Research, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.15575/ijhar.v3i1.11119

van Nuenen, T., & Scarles, C. (2021). Advancements in technology and digital media in tourism. Tourist Studies, 21(1), 119–132. https://doi.org/10.1177/1468797621990410

Widarti, E., & Emanuel, A. W. R. (2020). Mobile application design for heritage tourism uses gamification approach in Indonesia. International Journal of Engineering Pedagogy, 10(5), 89–102. https://doi.org/10.3991/ijep.v10i5.13205

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Tobing, D. S. H. (2023). Game Design dalam proses Design Thinking, sebuah model pengembangan video game untuk menunjang pariwisata. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 7(2), 130–136. https://doi.org/10.46961/jommit.v7i2.940

Citation Check