Rancang Bangun UI/UX Aplikasi Nestify untuk Manajemen Rumah Kos dengan Metode Lean UX

Farhan Novan Fauzi, Ari Sujarwo

Abstract


Penelitian ini membahas perancangan aplikasi mobile bernama Nestify yang bertujuan untuk memudahkan pemilik kos dalam mengelola data penghuni kos, pencatatan pembayaran, pelacakan pemasukan dan pengeluaran, serta pengelolaan keluhan penghuni kos. Metode Lean UX digunakan dalam pengembangan aplikasi ini dengan melibatkan pemilik dan penghuni kos sebagai pengguna potensial. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan prototipe aplikasi Nestify yang telah diuji oleh 12 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe ini memiliki user experience yang baik, dengan skor rata-rata di atas 80.2 dengan pengujian System Usability Scale (SUS). Hal ini menunjukkan bahwa pengguna merasa puas dengan aplikasi dan menilai aplikasi ini mudah digunakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa prototipe aplikasi Nestify memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi operasional pemilik kos dan kepuasan penghuni kos. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menambah jumlah responden dan iterasi untuk lebih memvalidasi hasil penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Diakses: 11 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/indekos

S. Rahmadani, Aplikasi Pencarian Dan Pengelolaan Kos Di Daerah Universitas Telkom (Modul Pemilik Kos). Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan, 2021. Diakses: 15 Agustus 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/174567/aplikasi-pencarian-dan-pengelolaan-kos-di-daerah-universitas-telkom-modul-pemilik-kos-.html

S. Steven dan K. Christianto, “Aplikasi AturKost Berbasis Web Untuk Pengelola dan Penghuni Kost (Studi Kasus: Kost Jura),” JBASE - J. Bus. Audit Inf. Syst., vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Okt 2021, doi: 10.30813/jbase.v4i2.3003.

Jefriyanto, Rabi Ahir, Elisa Indrianti, dan Rizky Hidayatullah, “Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Rumah Kos Di Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru,” JURPIKAT J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, hlm. 53–59, Apr 2021, doi: 10.37339/jurpikat.v2i1.464.

M. A. Prasetyo, M. C. Rozikin, dan R. S. Dewi, “Perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) Aplikasi Pencari Kost ABC di Kota XYZ Menggunakan Metode Design Thinking,” Aisyah J. Inform. Electr. Eng. AJIEE, vol. 3, no. 1, hlm. 36–44, Feb 2021, doi: 10.30604/JTI.V3I1.59.

R. L. Katz, “Social and Economic Impact of digital transformation on the economy,” ITU Glob. Symp. Regul.-17 Discuss. Pap., hlm. 4–41, 2017.

APJII, “Profil Pengguna Internet Indonesia Retail 2023,” Apji.or.id, no. May, 2023.

A. Budiman, L. S. Wahyuni, dan S. Bantun, “Perancangan Sistem Informasi Pencarian dan Pemesanan Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 2, Art. no. 2, Agu 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i2.356.

E. Syam, “Rancang Bangun Sistem Informasi Rumah Kost dan Kontrakan Teluk Kuantan,” J. Teknol. DAN OPEN SOURCE, vol. 1, no. 1, hlm. 1–7, Jun 2018, doi: 10.36378/jtos.v1i1.2.

A. Hardianti, “Aplikasi Pengelolaan Kamar Indekos Berbasis Web di Kamar Indekos Al-Najah Ciparay,” J. Inform., vol. 08, Des 2021.

A. Rivaldi, E. Sutanta, dan R. A. Kumalasanti, “Sistem Manajemen Penyewaan Kamar Kos Berbasis Web Web-Based Boarding House Rental Management System,” J. Scr., vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Jun 2021, doi: 10.34151/script.v9i1.3639.

J. Gothelf dan J. Seiden, Lean UX: Applying Lean Principles to Improve User Experience. dalam Lean series. O’Reilly Media, Incorporated, 2013. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=7TDQ4WZ1BHoC

J. Rubin, D. Chisnell, dan J. Spool, Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests. dalam Safari Books Online. Wiley, 2008. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=pJNguAAACAAJ

W. O. Galitz, The essential guide to user interface design: an introduction to GUI design principles and techniques, 3rd ed. Indianapolis, IN: Wiley Pub, 2007.

“ISO 9241-210:2010(en), Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.” Diakses: 22 Juli 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en

A. Suzianti, F. Edrisy, dan A. Mubarak, “User Interface of Zakat Information System Redesign using Design Thinking Approach. Case Study: 6th International Conference on Industrial and Business Engineering, ICIBE 2020,” ICIBE 2020 - 2020 6th Int. Conf. Ind. Bus. Eng., hlm. 37–44, Sep 2020, doi: 10.1145/3429551.3429588.

J. Gothelf dan J. Seiden, Lean UX: Designing Great Products with Agile Teams, 2 ed. O’Reilly Media, 2016. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=QnQNDQAAQBAJ

I. Rabbanii, A. H. Brata, dan K. C. Brata, “Penerapan Metode Lean UX pada Pengembangan Aplikasi Bill Splitting menggunakan Platform Android,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, Art. no. 7, Agu 2019.

M. P. Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana, 2015. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=3fe1DwAAQBAJ

E. D. Kartiningrum, “Panduan penyusunan studi literatur,” Lemb. Penelit. Dan Pengabdi. Masy. Politek. Kesehat. Majapahit Mojokerto, hlm. 1–9, 2015.

Y. Adhipratama, T. Sagirani, dan P. Kartikasari, “User Interface Design Using Lean UX on Hello Work Website at Labor Office of Kabupaten Pasuruan,” J. Sist. Inf. Univ. Din., vol. 7, no. 5, Art. no. 5, Sep 2018.

J. Brooke, “SUS: a retrospective,” J. Usability Stud., vol. 8, no. 2, hlm. 29–40, Feb 2013.

J. R. Lewis dan J. Sauro, “Can I leave this one out?: the effect of dropping an item from the SUS,” J. Usability Stud. Arch., Nov 2017, Diakses: 24 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/Can-I-leave-this-one-out%3A-the-effect-of-dropping-an-Lewis-Sauro/e46f840bd74c4030c67f9a8a2e974e4fa5f894ec

T. Wahyuningrum, C. Kartiko, dan A. C. Wardhana, “Exploring e-Commerce Usability by Heuristic Evaluation as a Compelement of System Usability Scale,” dalam 2020 International Conference on Advancement in Data Science, E-learning and Information Systems (ICADEIS), 2020, hlm. 1–5. doi: 10.1109/ICADEIS49811.2020.9277343.

M. A. Insani, M. A. Gustalika, dan I. Kresna, “Prototype Desain User Interface Aplikasi My School Menggunakan Metode Lean UX,” J. Inf. Syst. Res. JOSH, vol. 3, no. 4, Art. no. 4, Jul 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1806.

A. Sidik, “Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile,” Technol. J. Ilm., vol. 9, no. 2, Art. no. 2, Apr 2018, doi: 10.31602/tji.v9i2.1371.




DOI: https://doi.org/10.46961/jommit.v7i2.955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by:

        


JoMMiT (Jurnal Multi Media dan IT)

https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/index
[email protected]
P-ISSN : 2548-9534 | E-ISSN : 2548-9550

Creative Commons Licence
JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.