MEDIA BUKU SEBAGAI REPRESENTASI IDEOLOGI PENULIS

Nova Darmanto, Nurul Akmalia

Abstract


Teks-teks yang dibuat oleh para penulis memberi pengaruh yang sangat luar biasa dalam peradaban manusia. Media buku dijadikan sebagai alat kontrol lembaga kekuasaan kerajaan dengan menciptakan aturan–aturan melalui wacana bahasa dalam media buku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media buku yang menjadi alat representasi bagi ideologi para penulisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis media melalui studi literatur dan pendekatan representasi sebagai dasar penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebuah bentuk tulisan dalam sebuah media seperti media buku merupakan bentuk reprensentasi dan membentuk identitas penulisnya. Tidak hanya itu, penerbit juga ikut andil dalam penentuan pesan-pesan dalam media buku. Penerbit yang menerbitkan media buku memiliki banyak kepentingan. Kepentingan penerbit media buku sangat beragam, antara lain kepentingan politik, kepentingan ekonomi dan kepentingan agama. Pada akhirnya, pertarungan antara kebijakan penerbit media buku dengan ideologi penulis diakhiri dengan keputusan untuk menerbitkan naskah tulisan sebagai simbol yang merefleksikan ideologi pengarang.


Full Text:

PDF

References


Alo Liliweri. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Baran, Stanley J. (2019). Introduction to Mass Communication: Media Literacy and Culture. Tenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Briggs, Asa & Peter Burke. (2006). Sejarah Sosial Media “Dari Gutenberg sampai Internet”. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing amongFive Tradition. London: Sage Publications.

Danesi, Marcel. (2010). Semiotika Media (terjemahan). Yogyakarta: Jalasutra.

Escarpit, Robert. (1966). The Book Revolution. London. George Harrap, Unesco.

Fidler, Roger. (2003). Metamorfosis: Memahami Media Baru. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Fiske, John. (1990). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra

Hall, Stuart. (1997). Representation: Cultural Representations dan Signifying Practices. London: Sage Publications.

_________. (2005). Representation: Cultural Representation and Signifying Practices. Ed. Stuart Hall, Sage Publication: London.

Ibrahim, Idi Subandy dan Bachrudin Ali Akhmad. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ignas Kleden, “Buku di Indonesia: Perspektif Ekonomi Tentang Kebudayaan”, dalam Buku dalam Indonesia Baru, (Alfon Taryadi-ed.). Jakarta, 1999, hlm. 22.

Rakhmat, Jalaluddin. (1984). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Gie, The Liang. (1992). Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. (2009). Teori Komunikasi, Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

McLuhan, Marshall. (1964). Understanding Media: The Extensions of Man, New York: McGraw-Hill.

Mc Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa (Buku 6 Edisi 2). Salemba Humanika: Jakarta.

Taryadi, Alfons (ed.). (1999). Buku dalam Indonesia Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Thompson, John B. (2004). Kritik Ideologi Global Teori Sosial Kritis tentang Relasi Ideologi dan Komunikasi Massa. Yogyakarta: Ircisod.

Thompson, John B. (1984). Studies in the Theory of Ideology. Berkeley: The University of California Press.

Scheder, Georg. (1976). Perihal Cetak Mencetak. Yogyakarta: Pusat Grafika Indonesia.

Sobur, Alex. (2004). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

__________. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusadi, Udi. (2015). Kajian Media Isu Ideologis dalam Perspektif, Teori, dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nova Darmanto, Nurul Akmalia



Indexed by:

    


MEDIASI

JURNAL KAJIAN DAN TERAPAN MEDIA, BAHASA DAN KOMUNIKASI

P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995


Penerbit: 

Jurusan Penerbitan bekerja sama dengan P3M Polimedia

Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung E, Lantai 1)

Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

DKI Jakarta, Indonesia