PENGALAMAN KOMUNIKASI PENULIS TUNANETRA (STUDI FENOMENOLOGI DI PERPUSTAKAAN BALAI PENERBITAN BRAILLE ABIYOSO BANDUNG)

Junaidin Junaidin, Irham Irham

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan memahami pengalaman komunikasi penulis tunanetra dalam dunia baca tulis. Pengalaman komunikasi pembaca dan penulis tunanetra merupakan proses komunikasi tentang kegiatan membaca dan menulis yang mendalam baik sedang membaca buku braille maupun menulis karya inspiratif. Kesadaran ini lahir dari kemauan sekaligus kemampuan dalam mengamalkan kegiatan membaca dan menulis sebagai pengalaman fisik sekaligus psikis. Cara khusus yang dilakukan peneliti untuk mengungkap temuan tentang pengalaman komunikasi penulis tunanetra adalah menggunakan metode kualitatif khusus pendekatan fenomenologi. Melalui beberapa   teknik pengumpulan data, yaitu pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik itu digunakan sebagai alat untuk mengupas dan mengkaji pengalaman komunikasi para pembaca dan penulis tunanetra. Temuan yang didapatkan peneliti dari hasil penelitian tentang pengalaman komunikasi tunanetra dalam dunia baca tulis yakni pengalaman komunikasi psikofisik, yakni gabungan antara pengalaman fisik dan psikis dalam kegiatan membaca dan menulis di kalangan tunanetra.


Full Text:

PDF

References


Agus Priyana. (2012).“Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Braille bagi Tunanetra Muslim di TPA LB Yaketunis. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Creswell, John W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Kuswarno, Engkus. (2009). Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitianya. Bandung: Widya Padjadjaran.

Mulyana, Deddy & Solatun (2008). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosda Karya

Rakhmat, Jalaluddin. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya

Rudiyati, Sari. (2010). Pembelajaran Membaca dan Menulis Braille Permulaan pada Anak Tunanetra. JASSI ANAKKU (Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus), 9(1), 57—65.




DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Junaidin Junaidin, Irham Irham



Indexed by:

    


MEDIASI

JURNAL KAJIAN DAN TERAPAN MEDIA, BAHASA DAN KOMUNIKASI

P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995


Penerbit: 

Jurusan Penerbitan bekerja sama dengan P3M Polimedia

Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung E, Lantai 1)

Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

DKI Jakarta, Indonesia