Animasi Edukasi Moral Tentang Palestina Bagi Anak Usia Sekolah : Studi Kasus Siswa SDN Cikoneng

Authors

  • Putri Wardatul Fu'adah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Intan Permata Sari Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Agus Juhana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract

Isu-isu global seperti krisis kemanusiaan di Palestina menjadi perhatian dunia. Nilai kemanusiaan, sebagai salah satu aspek moral penting, perlu diajarkan kepada generasi muda. Penelitian ini bertujuan merancang video animasi berjudul “Para Pejuang Palestina” sebagai media edukasi moral untuk anak usia sekolah, dengan fokus pada nilai-nilai kemanusiaan terkait krisis di Palestina. Perancangan animasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahap konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi . Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta diujikan kepada 70 siswa SDN Cikoneng, Kabupaten Bandung, berusia 6-12 tahun. Hasil validasi menunjukkan animasi sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan 97% pada aspek materi, serta 98% pada aspek media dan bahasa. Uji coba menghasilkan skor persentase yaitu 91%. Secara keseluruhan, animasi “Para Pejuang Palestina' dinilai dan dinilai “sangat layak” sebagai media edukasi yang sesuai untuk mendidik anak usia sekolah mengenai nilai-nilai moral, terutama nilai kemanusiaan.

Author Biographies

Intan Permata Sari, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Pendidikan Multimedia, Universitas Pendidikan Indonesia.

Agus Juhana, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Pendidikan Multimedia, Universitas Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

2025-07-06

How to Cite

Fu'adah, P. W., Sari, I. P., & Juhana, A. (2025). Animasi Edukasi Moral Tentang Palestina Bagi Anak Usia Sekolah : Studi Kasus Siswa SDN Cikoneng. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 9(1), 042–052. Retrieved from https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/article/view/1576

Citation Check