Animasi Edukasi Moral Tentang Palestina Bagi Anak Usia Sekolah : Studi Kasus Siswa SDN Cikoneng
Abstract
Isu-isu global seperti krisis kemanusiaan di Palestina menjadi perhatian dunia. Nilai kemanusiaan, sebagai salah satu aspek moral penting, perlu diajarkan kepada generasi muda. Penelitian ini bertujuan merancang video animasi berjudul “Para Pejuang Palestina” sebagai media edukasi moral untuk anak usia sekolah, dengan fokus pada nilai-nilai kemanusiaan terkait krisis di Palestina. Perancangan animasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahap konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi . Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta diujikan kepada 70 siswa SDN Cikoneng, Kabupaten Bandung, berusia 6-12 tahun. Hasil validasi menunjukkan animasi sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan 97% pada aspek materi, serta 98% pada aspek media dan bahasa. Uji coba menghasilkan skor persentase yaitu 91%. Secara keseluruhan, animasi “Para Pejuang Palestina' dinilai dan dinilai “sangat layak” sebagai media edukasi yang sesuai untuk mendidik anak usia sekolah mengenai nilai-nilai moral, terutama nilai kemanusiaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 JoMMiT : Jurnal Multi Media dan IT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jommit : Jurnal Multi Media dan IT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License