PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Multimodal Instagram KH Mustofa Bisri pada Akun @s.kakung)

Laelatul Pathia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah yang dilakukan oleh KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus serta penafsiran visual kedalaman materi dakwah yang didapatkan oleh pengguna. Sebagai seorang kiai, sekaligus budayawan, ia mencoba memadukan metode dakwah dengan seni komunikasi yang eksploratif tanpa menggurui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dan observasi kepada beberapa followers Instagram Gus Mus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multimodality Van Leeuwen. Multimodality merujuk pada cara orang berkomunikasi menggunakan beberapa semiotics mode dalam desain produk seperti visual, audiovisual, teks, serta aktivitas seperti engagement di bagian like, comment, ataupun repost dalam Instagram. Multimodality merujuk pada tiga sistem analisis, yaitu nilai informasi (information value), tonjolan (salience), dan bingkai (framing).


Keywords


Dakwah, KH. Mustofa Bisri (Gus Mus), Multimodality, Uses and Gratification, Semiotic Mode

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Laelatul Pathia