Visual Study of Animated TV Series ‘Ibra’ : Membelah Bulan

Lani Siti Noor Aisyah

Abstract


Penelitian berjudul ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  dilatarbelakangi oleh film sebagai produk dari kemajuan teknologi informasi yang mempermudah berbagai aspek kehidupan baik sebagai media edukasi maupun hiburan. Di sisi lain dengan semakin beragamnya media memunculkan dampak tidak baik yaitu munculnya konten-konten negatif tanpa memuat subjek edukatif yang mempengaruhi perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak. Melalui penelitian film berjudul ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  dikembangkan oleh Manara Studio sebagai studi kasus dimana sebuah media hiburan dapat juga berperann sebagai media edukasi yang efektif. Film dianalisis dengan metode semiotika  dengan pendekatan kualitatif untuk melihat bahwa secara bahasa visual media tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan belajar dan bermain anak-anak.

The research titled ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  is motivated by cinema as a product of advances in information technology that facilitate various aspects of life both as a means of education and entertainment. On the other hand, the increasing variety of media has a negative impact, namely the emergence of negative content without educational topics that affects the cognitive, affective and psychomotor development of children. Through research, a film titled ‘Kajian Visual Film Animasi Ibra : Membelah Bulan’  was developed by Manara Studio as a case study where an entertainment medium can also act as an effective educational medium. The films are analyzed using the semiotic method with a qualitative approach to see that in terms of language, visual media can meet children's learning and playing needs.

 


Keywords


Semiotics; Animated movie; Children's education;

Full Text:

PDF

References


Dokumen Resmi

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2009).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman. Tersedia secara online di https://jdih.kemenparekraf.go.id/katalog-10-produk-hukum. Diakses pada 27 Desember 2023 pukul 23:00 WIB.

Buku Terjemahan

Trelease, Jim. (2019). The Read-Aloud Handbook : Membacakan Buku dengan Nyaring Melejitkan Kecerdasan Anak. Terjemahan oleh Arfan Achyar, HP Melati. (2019). Bandung : PT.Mizan Publika.

Dokumen Internet

Hildayani, Rini .(2014). Psikologi Perkembangan Anak. Tersedia online di http://repository.ut.ac.id/4693/1/PAUD4104-M1.pdf. Diakses pada 27 Desember 2022 pukul 21:30 WIB.

Manara Studio.(2022, Oktober 4). Ibra : Membelah Bulan.https://manarastudios.com/ Diakses pada 10 Desember 2022 pukul 10:00 WIB.

Tim CNN. (2021). Survei: 19,3 Persen Anak Indonesia Kecanduan Internet

Tersedia online di https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255-702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet. Diakses pada 9 Desember 2022 pukul 21:00 WIB.

Media Sosial

Ibra Berkisah. (2021). ‘Ibra’: Membelah Bulan. Tersedia online https://www.youtube.com/watch?v=fs6RKWC-Kzc. Diakses pada 10 Desember 2022 pukul 10:00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v4i2.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lani Siti Noor Aisyah



Indexed by:

             

MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi

P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995


PUBLISHER: 

The Center for Research and Community Services or Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Media Kreatif (P3M Polimedia)

Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung A, Lantai 1)

Jalan Srengseng Sawah No. 17 RT/RW 008/003, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta, Indonesia 12640