REPRESENTASI GENERASI MILENIAL DALAM ANIMASI DALANG PELO: TINJAUAN ASPEK NARASI DAN VISUAL

Lestari Kusuma Dewi, Aswan Aswan

Abstract


Setiap animator memiliki ciri khas dalam membingkai cerita dan visual pada film animasinya. Fenomena ini menarik untuk diteliti mengingat saat ini yang mendominasi film animasi adalah generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan generasi milenial direpresentasikan oleh animasi Dalang Pelo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif sebagai pisau analisis. Temuan dalam penelitian ini adalah representasi generasi milenial melalui aspek naratif dan visual dalam film animasi Dalang Pelo. Animator merepresentasikan narasi cerita dalam animasi dibuat sederhana dengan 3 babak. Hal ini menunjukkan generasi milenial yang kurang menyukai hal-hal yang rumit. Temuan dari segi aspek sinematografi digunakan untuk mendukung fungsi dramatik. Penyampaian narasi dan tema cerita ke dalam animasi itu kepada para penonton khususnya generasi milenial dimaksudkan agar penonton mudah terbawa perasaan sehingga dapat menikmati ceritanya.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, A., & Raharjo, S. T. (2018). Prinsip Kepemimpinan Character of a Leader pada Era Generasi Milenial. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(2), 114—127.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.University of Nebraska-Lincoln: SAGE Publications.

Djalle, Z. G. (2006). The Making of 3D Animation Movie Using 3DstudioMax. Bandung: Informatika.

Hasbullah, H., & Yasa, G. P. P. A. (2020). Makna Kode Visual dalam Scene Film Animasi “Battle Of Surabaya”. Jurnal Bahasa Rupa, 3(2), 124—129.

Hendriana, Y., & Aziz, M. (2016). Designing 3D Animation of Javanese Shadow Puppets to Learning Cultural Heritage. International Journal of Computer Science and Information Security, 14(10), 507.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240—249.

Khalis, F. M., Mustaffa, N., & Ali, M. N. S. (2016). The sense of local identity characteristic in Malaysian animation. International Journal of Arts & Sciences, 9(3), 485.

Lestari, P. A. R., & Setiawan, I. K. (2019). Adaptasi Cerita Rakyat Jayaprana dan Layonsari dalam Bentuk Animasi 2D. Jurnal Nawala Visual, 1(2), 88—94.

Moleong, J. L. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muhdaliha, B., & Batuaya, D. R. D. (2017). Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali Berjudul I Ceker Cipak. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 61—72.

Othman, A. N. B. (2009). Film Animasi Malaysia: Narasi Verbal ke Visual. ITB J. Vis. Art & Des, 3(1). 79—88.

Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187—197.

Putra, I. N. A. S., & Saputra, I. P. A. (2017). Perancangan Media Informasi Program Studi Teknik Informatika Dan Sistem Komputer Pada STMIK STIKOM Indonesia Berbasis Animasi 2D. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 17—24.

Putri, G. I., & Candraningrum, D. A. (2019). Pemanfaatan Social Traffic untuk Meningkatkan Page Views Pada Video “Gagasan Isengin Acil! Leri Marah” Di Akun Youtube dan Instagram Dalang Pelo. Prologia, 3(2), 519—524.

Roza, P. (2020). Digital Citizenship: Menyiapkan Generasi Milenial Menjadi Warga Negara Demokratis Di Abad Digital. Jurnal Sosioteknologi, 19(2), 190—202.

Sabani, N. (2018). Generasi Milenial dan Absurditas Debat Kusir Virtual. Informasi: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(1), 95—108.

Sangian, J. G., & Lumenta, A. S. (2017). Film Animasi Tragedi 5 Maret 2014 di Fakultas Teknik. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(4), 205—214.

Sari, S. (2019). Literasi Media pada Generasi Milenial di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(2), 30—42.

Suryadi, B. (2015). Generasi y: Karakteristik, Masalah, dan Peran Konselor. Seminar dan Workshop Internasional MALINDO 4 di Bali, 22-23 Mei 2015. Diselenggarakan oleh Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).

Winarni, R. W., & Wardani, W. G. W. (2016). Produksi Film Animasi Sebagai Media Kampanye Anti Kejahatan Perdagangan Manusia. Jurnal Desain, 3(1), 37—48.




DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lestari Kusuma Dewi, Aswan Aswan