DAMPAK IKLAN DALAM KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SABUN MERK LIFEBOUY DI JAKARTA SELATAN

Dadang Syaputra

Abstract


This study aims to determine the impact of advertising on consumer decisions to buy Lifebouy brand soap in South Jakarta. The population in this study were all people who live in South Jakarta with the sample in this study were 110 respondents and the technique used was the random sampling technique (random sampling). Data collection techniques used in this study were interviews with the help of questionnaires and documentation. The answers given by the respondents were analyzed quantitatively using the SPSS program. The quality of the research data was tested by means of validity and reliability tests before the linear regression analysis was carried out. From the results of the analysis, all indicators in this study are declared valid and reliable and advertising variables are stated to have a positive impact on consumer decision variables to buy Lifebouy Brand Soap but do not have a significant impact. The author's suggestion is that PT. Unilever must maintain and even increase the variable of advertising so that it will have an impact on purchasing decisions for Lifebouy brand soap. PT. Unilever must fix the problem related to the advertising variables applied by PT. Unilever, especially regarding the indicators of interest, which is related to the positive perceptions of consumers about the product after the advertisement was displayed, there were still some respondents who disagreed with the statement. PT. Unilever must also fix and improve action indicators related to purchases that are based on information obtained and are also related to the suitability of the product with the advertisements displayed because there are still some respondents who give negative responses as seen from the statements distributed.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Dampak Iklan Dalam Keputusan Konsumen Untuk Membeli Sabun Merk Lifebouy di Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di Jakarta Selatan dengan sampel dalam penelitian ini adalah 110 responden  dan teknik yang digunakan adalah teknik sampel acak (random sampling). Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan bantuan kuisioner dan dokumentasi. Jawaban yang diberikan oleh responden dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS. Data penelitian diuji kualitasnya dengan uji validitas dan reliabilitas sebelum dilakukan uji analisis regresi linier. Dari hasil analisis, semua indikator dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel serta variabel iklan dinyatakan memiliki dampak positif terhadap variabel keputusan konsumen untuk membeli Sabun Merk Lifebouy tetapi tidak  memiliki dampak yang signifikan. Saran penulis adalah  PT. Unilever  harus mempertahankan bahkan meningkatkan variabel periklanan sehingga akan berdampak terhadap keputusan pembelian sabun Merk lifebouy dan. PT. Unilever harus membenahi masalah berkaitan dengan variabel periklanan yang diterapkan oleh PT. Unilever, khususnya mengenai indikator interest  yaitu yang berkaitan dengan persepsi positif dari konsumen mengenai produk setelah iklan di tampilkan yang masih ada beberapa responden yang menyatakan tidak setuju terhadap pernyataan tersebut. PT. Unilever  juga harus membenahi dan memperbaiki indikator action yang berkaitan dengan pembelian yang didasarkan informasi yang di dapat dan berkaitan juga dengan kesesuaian produk dengan iklan yang di tayangkan karena masih ada beberapa responden yang memberikan respon yang negatif dilihat dari pernyataan yang disebarkan.


Keywords


iklan, keputusan konsumen, penelitian kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Akmal, Muhammad. 2011. Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Konsumen Pada Media Masa Tribun Timur.

Alfianasari, Junidah. 2010. Pengaruh Periklan, Promosi Penjualan, dan Hubungan masyarakat Terhadap Keputusan Pembelian Kartu IM3

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta : Rinneka Cipta.

Assauri, Sofyan. 2011. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi pertama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Djayakusumah, Tams. 2011. Periklanan. Bandung: Armico.

Delozier. 2008. Sinergi Komunikasi Pemasaran: Integrasi Iklan,Public Relation, dan Promosi..PT. Mizan Pustaka.

Edris, Mochammad. 2009. Pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Pepsodent.

Jefkins, Frank. 2007. Public Relation. Edisi kelima, Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama..

Kasali, Rhenald. 2011. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum.

Kotler, Philip. 2012. Marketing Manajemen : Manajemen Pemasaran : Edisi 13. Jakarta : Macan Jaya Cemerlang.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Principles Of Marketing : Dasar-dasar Manajemen Pemasaran.Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2012. Prinsip-prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta : Kencana Prenada Media

Mustafid & Gunawan. 2012. Atribut Produk Dalam Pengambilan Keputusan. Jakarta : CV. Dwiputra Pustaka Jaya

Saladin, Djaslim. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.46961/jip.v9i2.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:



Publipreneur Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif.

JL. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta 12640 Indonesia

Email: [email protected]


Publipreneur Polimedia is licensed under a Creative Commons Atttribution 4.0 International License.

p-ISSN 2338-5049 | e-ISSN 2723-6323

View My Stats