Digital Portfolio Marketing Techniques Using New Media in Photography Study at Politeknik Negeri Media Kreatif

Dadang Syaputra, Yuda Syah Putra, Muhamad Ridwan

Abstract


Digitalisasi telah banyak memberikan perubahan dalam setiap segi kehidupan, tak terkecuali dalam dunia fotografi. Pembuatan portofoliopun sudah seharusnya memanfaatkan media yang berbasis digital. Namun masalahnya belum banyak mahasiswa memanfaatkan hal tersebut dan menjadikannya sebagai peluang bagi usaha ataupun karirnya. Selain itu juga kerap kali portofolio yang dibuat tidak memiliki nilai jual dan teknik pemasaran yang kurang efektif. Oleh karena itu penelitian ini mencakup topik utama, yaitu teknik untuk memasarkan portofolio digital menggunakan media baru. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pun dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam pembuatan portofolio fotografi digital sekaligus juga memberikan benchmark terhadap pemasaran portofolio tersebut.


Keywords


Portfolio Digital, Photography, Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi 2. Bandung: ALFABETA

Angipora, Hendra. 2002, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inovva di Semarangâ€, Journal of Management, Vol. 2, No. 3.

Darmaprawira, S, 2002, Warna. Bandung: Penerbit ITB

Excell, L., 2013, Komposisi Dari Foto Biasa Jadi Luar Biasa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Giwanda, G., 2003. Panduan Praktis Belajar Fotografi. Jakarta: Puspa Swara

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi PemasaranJilid 2.Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Soedjono, Soeprapto “ Tinjauan Imaji Fotografiâ€, Jurnal Seni, Vol. VI/ 01/ 1998 BP.

ISI. Yogyakarta

Wikipedia, 2020, Media Baru, https://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru, 15 Juni




DOI: https://doi.org/10.46961/jip.v9i1.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:



Publipreneur Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif.

JL. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta 12640 Indonesia

Email: [email protected]


Publipreneur Polimedia is licensed under a Creative Commons Atttribution 4.0 International License.

p-ISSN 2338-5049 | e-ISSN 2723-6323

View My Stats