STRATEGI PEMASARAN KARYA MAHASISWA UNTUK DIADOPSI MASYARAKAT MENGGUNAKAN MEDIA PERIKLANAN DENGAN DIGITAL MARKETING

Dwi Mandasari Rahayu, Maria Ulfah Catur Afriasih

Abstract


Proses pembelajaran mahasiswa di saat pandemi mengalami perubahan menjadi daring dengan tetap mengerjakan tugas dan mengumpulkan karya. Belum ada yang mewadahi atau memfasilitasi karya tersebut untuk dapat diperkenalkan kepada masyarakat. Adaptasi terhadap perubahan dan pemanfaatan teknologi informasi memiliki peranan penting. Termasuk dalam bidang periklanan juga sudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Media Periklanan menggunakan digital marketing untuk dapat diakses oleh masyarakat di berbagai wilayah. Hal ini juga bisa menjadi peluang yang baik untuk memasarkan dan memperkenalkan karya yang dihasilkan mahasiswa kepada masyarakat. Tujuan membuat strategi dengan menggunakan digital marketing untuk memperkenalkan dan mempromosikan segala bentuk karya mahasiswa yang kreatif dan inovatif kepada masyarakat. Dengan demikian dapat meningkatkan awarness sehingga karya tersebut dapat diadopsi oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan kuesioner. Adapun tahapan pelaksanaan penelitian terdiri dari Pengumpulan Data, Edukasi Digital Marketing, Pengembangan Model Digital marketing, Implikasi Penerapan Digital Marketing dan Evaluasi.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat  disimpulkan bahwa media periklanan dengan menggunakan digital marketing dapat untuk memperkenalkan dan mempromosikan karya mahasiswa Polimedia kepada masyarakat. Dengan demikian dapat meningkatkan awarness masyarakat sehingga karya tersebut dapat diadopsi oleh masyarakat. 


Keywords


Strategi Pemasaran, Digital Marketing, Karya

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Astuti, M. & Amanda, A.R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Badan Ekonomi Kreatif. (2016). Kontribusi PDB Ekonomi Kreatif.Diambil pada tanggal 20 Januari 2022 dari https://kemenparekraf.go.id/

Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. (2021). Kajian Dampak COVID-19 Terhadap Pasar Tenaga Kerja dan Respons Kebijakan di Kawasan Asia dan Pasifik. Diambil pada tanggal 20 Januari 2022 dari https://fiskal.kemenkeu.go.id/

Fadhilah, D. & Pratiwi, T. (2018). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. XII No 1. 2021. 7)Yaumi, M. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-commerce Indonesia Capai 78 Persen. Diambil pada tanggal 20 Januari 2022 dari https://www.kominfo.go.id/

Putri, S. D. & Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh online marketing campaign#samyangchallenge terhadap consumer behavior digital natives pengguna youtube Indonesia. Jurnal Profesi Humas 1(2):132-141.

Suwityantini, D. (2018). Strategi Pemasaran Karya Seni Lukis (Studi Kasus Pada Pameran Seni Rupa Dan Pasar Seni ART Joga). Jurnal Ekobis Dewantara. Vol. 1 No. 8.




DOI: https://doi.org/10.46961/jip.v10i2.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:



Publipreneur Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif.

JL. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta 12640 Indonesia

Email: [email protected]


Publipreneur Polimedia is licensed under a Creative Commons Atttribution 4.0 International License.

p-ISSN 2338-5049 | e-ISSN 2723-6323

View My Stats