Strategi Memasarkan Makanan Betawi Menggunakan Website Sebagai Media Periklanan
Abstract
Peningkatan penggunaan internet saat ini semakin tinggi disertai dengan semakin maraknya masyarakat menggunakan website. Website dapat digunakan untuk memberikan informasi suatu produk sehingga produk dapat diiklankan kepada masyarakat. Selain itu pengaruh pengguna website untuk transaksi jual beli juga semakin banyak digunakan sehingga memudahkan masyakat untuk melakukan transaksi belanja dengan cara online. Metode belanja dengan cara online saat ini lebih banyak diminati oleh masyarakat. Masyarakat lebih mudah memahami produk yang ditawarkan dan menghemat waktu transaksi belanja. Permasalahan pada penelitian ini yaitu masyarakat yang kurang memahami makan khas betawi, dan UMKM makanan Betawi yang belum menggunakan website untuk memasarkan produknya. Para pemilik usaha masih menggunakan cara konvensional untuk menjual produk makanan Betawi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk memperkenalkan makanan Betawi kepada masyarakat dengan pangsa pasar yang luas, mudah diakses serta sebagai sarana bagi UMKM makanan Betawi untuk mengiklankan produknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan penggunaan website untuk mengiklankan produk makanan Betawi. Dengan demikian mempengaruhi pemahaman masyarakat tentang produk makanan Betawi dan meningkatkan pemasaran. Maka dapat disimpulkan dengan adanya website saat ini masyarakat menjadi lebih tertarik untuk membeli produk makanan Betawi serta UMKM yang menjual makanan Betawi mengalami peningakatan dalam segi penjualan produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulloh, R. (2016). Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Achmad Solichin, (2016). Pemrograman Web Dengan Php Dan Mysql. Jakarta: Universitas Budi Luhur.
Arifin. (2018). Rahasia SEO Wordpress. Indonesia: Grafindo Publisher.
Rahayu, D.M. dan Prasetyo, A.B. (2020). The Study of Search Engine Optimization on Website as a Marketing Strategy on the Internet. MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi 1 (2), 136-146.
Rahayu, D.M. dan Afriasih, M.U.C. (2022). Strategi Pemasaran Karya Mahasiswa Untuk Diadopsi Masyarakatmenggunakan Media Periklanan Dengan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Publipreneur 10 (2), 127-132.
Rahman, S. (2019). Buku Pintar Web Desain dan SEO WordPress 5 PLUS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rerung, (2018). Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Sibero, (2013). Web programming power pack. Yogyakarta: Mediakom.
Risnandar, (2013). Website Development Fundamental : Fitur, Layout dan Operasional Lebih Maju. Bandung: Nuansa Cedekia.
Sukamto & Shalahuddin, (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Modula.
Zaki, A. & Winarno, E. (2015). Membuat Aneka Macam Situs Jual Beli dengan WordPress. Jakarta: Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.46961/jip.v11i1.695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Publipreneur Polimedia
Politeknik Negeri Media Kreatif.
JL. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta 12640 Indonesia
Email: [email protected]
Publipreneur Polimedia is licensed under a Creative Commons Atttribution 4.0 International License.