PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA EKSISTENSI BAGI PEGIAT SENI LETTERING

Mohammad Insan Romadhan, Muchamad Rizqi, Ajeng Ferdiawati

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai eksistensi seniman lettering dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Peneliti tertarik untuk meneliti citra Nur Awaludin karena rekam jejak dan hasil karya Nur Awaludin yang hampir bisa dijumpai di beberapa tempat. Selain itu tidak banyak orang tahu tentang seniman lettering sedangkan mereka menikmati karya yang dibuatnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori manajemen impresi diri dari Erving Goffman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui hasil wawancara mendalam dengan informan, observasi, dan dokumentasi melalui media sosial Instagram. Hasil dari penelitian terkait membangun citra Nur Awaludin sebagai seniman lettering menunjukkan bahwa Nur Awaludin memanfaatkan Instagram dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Nur Awaludin juga menunjukkan kesan-kesan yang baik dan sesuai dengan citra yang dibangun sebagai seniman lettering dengan mengikuti komunitas Subletter dan membuat project team dengan nama Kid Project.


Full Text:

PDF

References


Albi, A., Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Dini Handoko. (2017). Hand Lettering Islami, Belajar Bahasa Inggris Sambil Berdakwah. Lampung: CV Iqra.

Dewi Haroen. (2014). Personal Branding, Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: PT. Gramedia.

Eko sugiarto. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Esther, M.P (2016). Citra Diri dan Popularitas Artis, Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 1 No. 2, 180-201.

Fitrah, Muh., Luthfiyah. (2017). Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak

Harnas.co (2017, April 17). Hand Lettering, Seni Menggambar Huruf. Di Akses dari http://www.harnas.co/2017/04/17/handlettering-seni-menggambar-huruf

I Wayan Suwendra. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacakra Publishing House.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi, Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group

Rachmad, Kriyantono. (2014). Teori-Teori Public Relation Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Riyanto, Theo (2010). Memotivasi Diri, Langkah Menuju Sukses. Yogyakarta: Kanisius

Romadhan, M.I. (2018). Personal Branding Jokowi dalam Mempertahankan Brand Image Melalui Video Blog Youtube. Meta Communication: Journal of Communication Studies, Vol. 3, No. 2

Ropingi el Ishaq. (2017). Public Relation, Teori dan Praktik. Malang: Intrans Publishing




DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohammad Insan Romadhan, Muchamad Rizqi, Ajeng Ferdiawati