The Roles of Public Relations as A Facilitator of Communication in Handling Complaints at PLN East Java Distribution
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Butterick, K. 2012. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Bernie, M. (2018). Derita Korban Denda PLN: Percuma Melawan Pelanggan Tak Akan Menang. https://tirto.id//derita-korban-pln-percuma-melawan-pelanggan-tak-akan-menang-cHHz. Akses 20 September 2018 pukul 14.00 WIB
Creswell W.J. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Jakarta: Pustaka Belajar
Cutlip, Scott M, Center, Allen H, Broom, Glen M. (2016). Effective Public Relations, edisi kesembilan. Jakarta: Prenadamedia.
Diahloka, C. (2011). Strategi Humas (Public Relations) dalam Menangani Komplain Pelanggan pada Pelayanan Produk (Studi pada Plasa Telkom Malang). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuana Tunggaldewi Malang, 1 (1), 1—10.
Ishaq El, R. 2017. Public Relations: Teori & Praktik. Malang: Intranas Publishing Ismoyo, Bay. (2018). Dampak Pemadaman Listrik PLN: Dari Gangguan Kereta Sampai Pembayaran Tol. http://www.bbc.com/indonesia/amp/trensosial-42540533. Akses 20 Juli 2019 pukul 17.00 WIB
Jawa Pos. (2019). Mahasiswa Kembali Gelar Aksi Tuntut PLN. Tersedia secara daring di tautan http://www.jawapos.com/jpg-today/03/04/2019/mahasiswa-kembali-gelar-aksi-tuntut-
pln/%3famp. Akses 20 Juli 2019 pukul 18.00 WIB
Kadafi, M. (2018). Ini Penyebab Listrik Bali dan Sebagian Jawa Timur Padam Total. http//www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/uang/ini-penyebab-listrik-bali-dan- sebagian-jawa-timur-padam-total.hmtl. Akses 19 September 2018 pukul 13.00 WIB
Larasati, B. D. (2016). Peran Humas Pemerintah sebagai Fasilitator Komunikasi pada Biro Humas Pemprov Kalimantan Selatan Strategi Humas (Public Relations). Jurnal Penelitian Komunikasi, 19 (1), 55—58.
Londa, J. W. (2014). Peran Petugas Humas Sebagai Komunikator Pembangunan (Studi di Bagian Humas Kantor Pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan). Jurnal Acta Diurna, 3 (2), 12—21.
Romadhan, M. I., Rohimah, A. & Pradana, B. C. S. A. (2019). Implementation of Public Relations Model in Sosializing Local Culture to Sumenep's Young Generation. Jurnal MetaKom, 3 (2), 97—108.
Rizqi M. dkk. (2004). Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat. Bogor Selatan: Penerbit Ghalia Indonesia
Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian: Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Seitel, F. P. (2016). Praktik Public Relations, edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Soemirat dkk. (2015). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya. Suryabrata, Sumandi. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Yusuf A.M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i2.38
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Muchamad Rizqi, Mohammad Insan Romadhan, Devi Kurnia Inayati
Indexed by:
MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi
P-ISSN 2721-9046 | E-ISSN 2721-0995
PUBLISHER:
The Center for Research and Community Services or Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Media Kreatif (P3M Polimedia)
Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif (Gedung A, Lantai 1)
Jalan Srengseng Sawah No. 17 RT/RW 008/003, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta, Indonesia 12640